Prediksi Timnas Indonesia U23 vs Laos: Peluang Besar ke Semifinal

Oleh: Wan Faizal - 4 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Timnas Indonesia U23 vs Laos dalam laga pemungkas Grup B SEA Games 2019 yang digelar Kamis (5/12) mengarah pada kemenangan skuad asuhan Indra Sjafri.
tirto.id - Timnas Indonesia U23 berpeluang besar meraih tiket ke babak semifinal SEA Games 2019. Syaratnya yakni dapat mengalahkan Laos dalam laga pemungkas di Grup B yang akan digelar di Imus Grandstand pada Kamis (05/12/2019).

Kemenangan telak atas Brunei Darussalam dengan skor 8-0 di partai keempat, Selasa (3/12) kemarin membuat kepercayaan diri Garuda Muda kian memuncak. Berkat kemenangan tersebut, Indonesia U23 kini mengoleksi sembilan poin.

Jumlah poin yang sama dimiliki Thailand di peringkat ketiga sedangkan Vietnam di posisi teratas dengan 12 poin. Persaingan di Grup B semakin sengit lantaran di partai lainnya Vietnam bakal melawan Thailand.

Untuk lolos, Thailand butuh kemenangan dengan skor minimal 2-0. Jika skenario itu terjadi, maka Vietnam dan Thailand akan sama-sama memiliki 12 poin. Namun, Thailand bakal lebih unggul karena punya catatan surplus 12 gol dan Vietnam surplus 11 gol.

Sementara bagi Indonesia, nasibnya akan ditentukan oleh performanya di laga pemungkas. Tanpa melihat duel Vietnam vs Thailand, Garuda Muda dipastikan lolos ke semifinal andai mengamankan tiga poin.

“Kemenangan atas Brunei kemarin seperti memberikan kami energi baru. Kami sudah siap bermain lagi dan semoga bisa mengalahkan Laos,” kata Osvaldo Haay.


Laos sendiri sudah tak punya kepentingan apapun di pertandingan terakhir esok. Hanya punya empat poin, Bounphachan Bounkong dan kawan-kawan tak mungkin lolos ke semifinal.

Hanya saja Indonesia tetap tidak bisa menganggap remeh Laos. Di laga keempat kemarin Laos nyaris menahan imbang melawan Thailand 0-0 andai Suphanat Mueanta tidak mencetak dua gol kemenangan pada menit 90 dan 94.

Kondisi Tim Terkini

Pelatih Indonesia, Indra Sjafri, mengatakan jika para pemainnya berada dalam kondisi fit jelang laga ini. Pernyataan tersebut menandakan bahwa kondisi Firza Andika dan Muhammad Rafli sudah lebih bugar dibandingkan sebelumnya.

“Para pemain sudah recovery. Tidak ada pemain yang cedera dan semua siap tampil. Kami siap menentukan nasib kami sendiri ke semifinal,” kata sang pelatih.

Sementara dari Laos, menjadi menarik apakah pelatih V. Sundramoorthy akan menurunkan skuad utamanya atau tidak. Sudah tak ada kepentingan, Laos diprediksi akan banyak memainkan sejumlah pemain pelapis.

Perkiraan Susunan Pemain:

Indonesia: Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Nurhidayat, Andy Setyo, Firza Andika; Rachmat Irianto, Evan Dimas, Sani Rizki; Witan Sulaeman, Feby Eka Putra, Osvaldo Haay

Laos: Solasak Thilavong; Bounphithak Chanthalangsy, Kittisak Phomvongsa, Xayasith Singsawang, Aphixay Thanakhanty, Anantaza Siphongphan; Alounnay Lounlasy, Phithack Kongmathilath, Soukaphone Vongchiengkham; Bounpachan Bounkong, Somxay Keohanam

Baca juga artikel terkait SEA GAMES 2019 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Hendi Abdurahman
DarkLight