Prediksi Senegal vs Tunisia: Berebut Tiket Final Piala Afrika 2019

Oleh: Wan Faizal - 13 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi pertandingan Senegal vs Tunisia di semifinal Piala Afrika 2019 diperkirakan bakal berlangsung sengit.
tirto.id - Pertandingan Senegal vs Tunisia dalam laga semifinal Piala Afrika 2019 di 30 June Stadium, Kairo, Mesir, akan digelar pada Minggu (14/07/2019) pukul 23.00 WIB. Tiket pertama ke babak final bakal diperebutkan di laga ini. Baik Senegal maupun Tunisia tentu saja tak ingin tersingkir lebih cepat.

Skuat Senegal asuhan Aliou Cisse sedikit lebih diunggulkan di pertandingan ini. Materi pemain mereka bisa dikatakan salah satu yang terbaik. Utamanya karena ada dua pemain bintang seperti Sadio Mane yang membawa Liverpool juara Liga Champions 2019 dan juga bek andalan Napoli yang tengah diincar klub-klub besar Eropa, Kalidou Koulibaly.

The Teranga Lions, julukan Senegal, juga sedang sangat percaya diri. Mereka memang hanya menjadi runner-up di fase grup karena kalah bersaing dari Aljazair. Tapi di babak gugur, performa Senegal bisa dikatakan sempurna. Melawan Uganda dan Benin, Mane dan kawan-kawan tidak pernah kebobolan.

Menurut Cisse, capaian ini terbilang spesial bagi Senegal karena, negaranya tak sanggup lolos ke semifinal Piala Afrika sejak tahun 2006. “Saya mengucapkan selamat pada para pemain atas kemenangan melawan Benin kemarin. Lolos ke semifinal memang sebuah hal yang pantas bagi kami,” ujar Cisse.

“Sejak 2006 kami sudah tak mampu mencapai semifinal Piala Afrika. Artinya, sudah ada perbaikan dan kami juga sedang bekerja menjadi yang terbaik,” imbuh pelatih eksentrik ini.

Namun, Tunisia bukan lawan sembarangan. Parameternya jelas, yakni keberhasilan Wahbi Khazri dan kawan-kawan tembus 4 besar. Apalagi mereka sempat mengandaskan tim kuat seperti Ghana di babak 16 besar sebelum menggulung Madagascar di perempatfinal lalu.


“Kami menjalani babak grup yang tidak mudah. Tapi setelahnya kami mendapatkan momentum bagus di fase gugur. Yang terpenting adalah kami bisa masuk ke semifinal, sesuatu yang terakhir kali bisa kami lakukan 15 tahun lalu,” kata gelandang Tunisia, Ferjani Sassi.

Tunisia akan mendapatkan dukungan masif dari suporternya. Diberitakan bahwa para pendukung Tunisia menyewa empat penerbangan berjadwal ke Kairo untuk memberikan dukungan kepada anak-anak asuh Alain Giresse.

Kondisi Tim Terkini

Jelang laga ini, Senegal kehilangan kiper Edouard Mendy. Selain itu, Mbaye Niang dikabarkan juga belum dalam kondisi prima.

Di sisi lain, Tunisia relatif tidak mendapatkan masalah. Giresse bisa menurunkan skuad terbaik dan berharap mampu lolos ke partai puncak.

Perkiraan Susunan Pemain:

Senegal (4-3-3): Alfred Gomis; Lamine Gassama, Cheikhou Kouyate, Kalidou Koulibaly, Youssouf Sabaly; Badou Ndiaye, Idrissa Gueye, Henri Saivet; Krepin Diatta, Sadio Mane, Mbaye Diagne

Tunisia (4-3-3): Mouez Hassen; Wajdi Kechrida, Yassine Meriah, Dylan Bronn, Oussama Haddadi; Ellyes Skhiri, Ferjani Sassi, Ghilane Chaalali; Wahbi Khazri, Youssef Msakni, Taha Khenissi

Baca juga artikel terkait PIALA AFRIKA 2019 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Hard News)


Penulis: Wan Faizal
Editor: Iswara N Raditya
Kontributor: Wan Faizal