Prediksi Real Madrid vs PSG: Bukan Hanya Perkara Ronaldo dan Neymar

Prediksi Real Madrid vs PSG: Bukan Hanya Perkara Ronaldo dan Neymar
Pemain Real Madrid merayakan gol. FOTO/REUTERS
14 Februari, 2018 dibaca normal 2 menit
Big match Real Madrid vs PSG pada leg pertama 16 besar Liga Champions bukan hanya perkara pertarungan Ronaldo melawan Neymar.
tirto.id - Real Madrid dan Paris Saint-Germain (PSG) akan melakoni big match pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Kamis (15/2/2018) dini hari waktu Indonesia. Dua bintang masing-masing tim, Cristiano Ronaldo dan Neymar menjadi sorotan jelang duel tersebut, namun Zinedine Zidane mengingatkan jika pertandingan dini hari nanti bukan sekadar panggung persaingan Ronaldo melawan Neymar.

"Kita banyak membicarakan tentang pemain besar, tapi besok adalah perkara Real Madrid dan PSG, bukan Neymar melawan Cristiano [Ronaldo]," ungkap Zidane seperti dikutip situs resmi Real Madrid.

Meski menentang anggapan duel hanya terjadi antara Ronaldo dan Neymar, Zidane mengakui jika kedua pemain tersebut bukan pesepakbola biasa. Bagi Zidane, Ronaldo dan Neymar merupakan pemain yang bisa membuat banyak perbedaan ketika berada di lapangan.

"Cristiano telah melakukan banyak hal hebat dan memenangkan lima Ballon d'Or. Saya tak akan membandingkan, karena kita tahu apa yang bisa dilakukan Neymar di lapangan. Dia adalah pemain berkualitas yang kerap membuat perbedaan. Kami di sini bukan untuk melihat mereka berdua saja, tapi kami di sini untuk melihat Real Madrid melawan PSG," imbuh Zidane.

Di lain pihak, PSG bakal menghadapi tekanan luar biasa lantaran bermain di kandang lawan. Pelatih PSG, Unai Emery pun mengakui hal tersebut. Kendati demikian, pria yang juga pernah melatih Sevilla itu mengingatkan anak asuhnya untuk bermain dengan motivasi tinggi. Ia ingin para pemain membuktikan dan menunjukkan segala kerja keras yang telah dipersiapkan sebelum pertandingan.

"Saya melihat setiap pertandingan sebagai peluang, dan saya ingin sangat melakukannya di dua laga ini [leg pertama dan kedua]. Saya memiliki keyakinan terhadap tim kami, tapi kami juga tahu beratnya pertandingan ini. Kami ingin bermain dengan keinginan dan motivasi untuk melihat PSG yang hebat. Kami bekerja sangat keras untuk sampai di posisi ini dan saya rasa kami harus percaya diri," ungkap sang pelatih seperti dikutip situs resmi PSG.

Kondisi skuat

Real Madrid memiliki masalah kecil karena tak dapat memainkan beberapa pemainnya. Selain Dani Carvajal yang tak dapat bermain karena akumulasi kartu, El Real tak pasti dapat diperkuat Dani Ceballos dan Jesus Vallejo karena belum sepenuhnya pulih dari cedera.

Meski demikian, para pemain bintang El Real masih lebih dari cukup untuk menggantikan pemain yang absen. Di lini belakang, penjaga gawang Keylor Navas siap kembali tampil apik dan menepis keraguan pelatih. Deretan bek tangguh seperi Sergio Ramos, Marcelo, hingga Raphael Varane juga dalam kondisi bugar.

Di lini tengah, Tony Kroos, Luka Modric, hingga Casemiro akan bahu membahu menyuplai bola kepada trisula El Real yang kemungkinan kembali diisi Ronaldo-Bale-Benzema. Nama lain seperti Marco Asensio dan Lucaz Vazquez juga siap bermain jika memang diperlukan untuk merotasi.



Di lain pihak, tim tamu belum tentu dapat memainkan Edinson Cavani, meski kemungkinan bermainnya bomber asal Uruguay itu tetap terbuka. Kendati pun Cavani tak dapat tampil, pelatih Unai Emery mempunyai sosok Neymar, Mbappe, hingga Di Maria yang siap meneror lini belakang Real Madrid.

Sektor gelandang memiliki opsi lebih banyak. Mulai dari Marco Veratti, Andrien Rabbiot, Julian Draxler, Lo Celso, hingga Javier Pastore siap bermain. Lini belakang PSG akan diisi duet tangguh Thiago Silva dan Marquinhos yang siap melapisi gawang Alphonse Areola.

Perkiraan susunan pemain inti Real Madrid vs PSG

Madrid: Keylor Navas, Marcelo. Sergio Ramos, Raphael Varane, Nacho, Toni Kroos, Casemiro, Luka Modric, Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, Gareth Bale.

PSG: Alphonse Areola, Layvin Kurzawa, Thiago Silva, Marquinhos, Dani Alves, Adrien Rabiot, Giovani Lo Celso, Marco Verratti, Neymar, Edinson Cavani, Kylian Mbappe.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - zan/yan)

Keyword