Prediksi PSIS vs Bhayangkara FC: Tiada Pilihan Selain Menang

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 13 Agustus 2018
Dibaca Normal 1 menit
Pertandingan PSIS vs Bhayangkara FC akan jadi ujian berat bagi kedua tim yang membutuhkan kemenangan, khususnya tuan rumah.
tirto.id - Pertandingan PSIS vs Bhayangkara FC dijadwalkan berlangsung di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Senin (13/8/2018) hari ini. Dalam laga ini, PSIS diwajibkan menang jika tak ingin peluang mereka lepas dari zona degradasi terus mengecil.

Kemenangan yang didapat rival terdekat Mahesa Jenar, PS TIRA pada pekan 20 membuat PSIS kini anjlok ke peringkat 17 dengan torehan 20 poin. Mereka terpaut satu angka dari PS TIRA serta tiga dari Perseru yang jadi penghuni batas luar zona degradasi.

Jika mampu menambah tiga poin, PSIS dipastikan menggenapi torehannya menjadi 23 poin dan menyamai catatan Perseru. Mereka memang tak akan melangkahi Perseru dan tetap di poisi tiga terbawah. Namun setidaknya berjarak selisih gol daro tim non degradasi bakal terus memperpanjang peluang PSIS tetap bertahan di divisi tertinggi.

"Kita perlu memenangkan pertandingan ini untuk terus merangkak naik di klasemen sementara. Untuk itu kita butuh tambahan tiga poin di pertandingan nanti," ujar pelatih PSIS, Vincenzo Annese seperti dikutip laman resmi GoJek Liga 1.

Bekal PSIS sebenarnya cukup mengecewakan. Pekan lalu mereka kalah 2-1 dari Bali United. Sepekan sebelumnya lagi, mereka juga ditahan imbang PSM Makassar 1-1, padahal laga dihelat di kandang.

"Seharusnya saat melawan PSM kita bisa meraih kemenangan, namun gagal. Melawan Bhayangkara FC, kami sudah berlatih keras dan seluruh pemain dalam kondisi fit setelah kami merotasi di Piala Indonesia," sambung Annese.

Sayangnya, misi Vincenzo dan PSIS tidak mudah. Pasalnya musim ini PSIS telah dua kali bersua Bhayangkara FC dan tidak sekali pun Mahesa Jenar menang.

PSIS juga kedatangan Bhayangkara FC saat skuat asuhan Simon McMenemy sedang dalam kepercayaan diri tinggi. Di pekan 19 lalu The Guardians menang telak 3-1 atas PSMS Medan.

Bhayangkara FC sendiri sudah melakukan persiapan sebaik mungkin. Walau lawan sedang dalam situasi genting dan terbenam di papan bawah, tim tamu tidak mau meremehkan.

Saat ini Bhayangkara FC yang mengemas 29 poin berada di peringkat dlapan. Jika menang, mereka dipastikan menyamai torehan Barito Putera dengan 32 poin di urutan keempat. Kemungkinan berada di papan atas ini pula yang diyakini dapat membuat para penggawa The Guardians tampil makin percaya diri.

"Jadwal baik dengan kami karena ada jeda yang sedikit panjang. Kami sudah berlatih keras setiap hari dan memperbaiki beberapa kekurangan yang ada," pungkas Simon.

Empat Laga Terakhir PSIS

4/8/2018 Liga 1 Bali United 2-0 PSIS Semarang Kalah
30/7/2018 Liga 1 PSIS Semarang 1-1 PSM Makassar Imbang
22/7.2018 Liga 1 PSIS Semarang 1-0 Persebaya Surabaya Menang
18/7/2018 Liga 1 Persipura Jayapura 0-0 PSIS Semarang Imbang

PSIS hanya sekali menang dalam empat pertandingan terakhirnya. Dua kali mereka imbang dan sekali menelan kekalahan.

Empat Laga Terakhir Bhayangkara FC

3/8/2018 Liga 1 Bhayangkara FC 3-1 PSMS Medan Menang
27/7/2018 Liga 1 Persija Jakarta 1-0 Bhayangkara FC Kalah
21/7/2018 Liga 1 Bali United 2-3 Bhayangkara FC Menang
15/7/2018 Liga 1 PSM Makassar 2-1 Bhayangkara FC Kalah

Sementara Bhayangkara FC dua kali menang di empat pertandingan terakhirnya. Dua partai lain berakhir kekalahan.

Head to Head PSIS vs Bhayangkara FC

7/4/2018 Liga 1 Bhayangkara FC 1-1 PSIS Semarang
20/1/2018 Piala Presiden Bhayangkara FC 1-0 PSIS Semarang

Musim ini kedua tim dua kali telah bertemu. Satu laga berakhir imbang, satu lain yang lebih awal dimenangkan Bhayangkara FC.

Perkiraan Susunan Pemain PSIS vs Bhayangkara FC

PSIS Semarang: Joko Ribowo; Frendi Saputra, Petar Planic, Haudi Abdillah, Safrudin Tahar; Hari Nur Yulianto, M Yunus, Nerius Alom, Bayu Nugroho; Bruno Silva, Abou Bakr.

Cadangan: Jandia Eka Putra, Akbar Riansyah, Fauzan Fajri, Albi Lanju, Komarudin, Aldaier Makatindu, Hafit Ibrahim.

Bhayangkara FC: Wahyu Tri Nugroho; Dani Saputra, Jajang Mulyana, Vladimir Vujovic, Alsan Sanda; Le Yoo Jon, Adam Alis, Paulo Sergio, Sani Riski Fauzi; Elio Martin, Marianus Wanewar.

Cadangan: Fauzal Mubaraq, Herman Dzumafo, Indra Kahfi, Wahyu Subo Seto, Vendri Mofu, Maldini Pali.

Kickoff pertandingan PSIS vs Bhayangkara FC dijadwalkan pukul 18.30 WIB. Jika tak ada perubahan, O Channel dan Vidio.com akan menyiarkan langsung dan live streaming laga ini.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan