Piala Dunia 2018

Prediksi Portugal vs Spanyol, Misi Balas Dendam Ronaldo

Oleh: Ibnu Azis - 14 Juni 2018
Dibaca Normal 1 menit
Pelatih Spanyol dipecat sehari sebelum kick off pembukaan Piala Dunia 2018. Portugal ingin membalas kekalahan di Afrika Selatan 2010.
tirto.id - Laga penyisihan Grub B Piala Dunia 2018 Rusia bakal mempertemukan Portugal vs Spanyol di Stadion Olimpiade Fisht, Sochi, Sabtu (16/6/2018). Pertandingan ini diprediksi berlangsung menarik sebab membawa atmosfer balas dendam.

Delapan tahun lalu, di Cape Town Stadium, Afrika Selatan, gol semata wayang David Villa di menit ke-63 memupus harapan Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan untuk melaju ke perempat final Piala Dunia 2010. Spanyol yang waktu itu dalam arahan Vicente del Bosque bahkan melaju ke partai puncak dan keluar sebagai kampiun usai menekuk Belanda 0-1.

Di Rusia 2018, Ronaldo akan bertemu kembali dengan beberapa nama yang juga bermain bersama Spanyol delapan tahun lalu, yakni Sergio Ramos, rekannya di Real Madrid dan Gerard Pique, rivalnya dari Barcelona. Selain ingin membalas kekalahan di Afrika Selatan 2010, mantan pemain Manchester United itu juga memiliki ambisi lain.

Bagi diri pribadi, ia berpeluang bergabung bersama Uwe Seeler (Jerman), Pele (Brasil), dan Miroslav Klose (Jerman) sebagai pemain yang mencetak gol dalam empat Piala Dunia berturut-turut. Bisa dikatakan, Ronaldo bakal memiliki motivasi ganda pada laga Sabtu mendatang. Selain itu, Rusia 2018 kemungkinan akan menjadi Piala Dunia terakhir baginya.


Kendati demikian, secara tren head-to-head, Portugal memiliki modal yang tak menggembirakan. Statistik mencatat, dari enam pertemuan terakhir, Spanyol mengemas tiga kemenangan, satu kali seri, dan dua kali menelan kekalahan. Namun, negara peringkat 10 FIFA ini sekarang dalam kondisi berbeda.

Julen Lopetegui, sosok yang membawa Spanyol tak tersentuh kekalahan dalam 20 laga terakhir usai Piala Eropa 2016 Perancis, telah dipecat dari posisi pelatih. Celakanya, pemecatan itu dilakukan sehari jelang kick off laga pembuka Piala Dunia 2018.

Menunjuk Fernando Hiero, Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) hanya memberikan waktu sekitar dua hari pada mantan pelatih Real Oviedo itu untuk melakukan adaptasi. Bila hal tersebut bisa dilakukan, tak menutup kemungkinan Spanyol mampu mengatasi Portugal.

Sebaliknya, bila terjungkal, maka ambisi Ronaldo bisa tercapai sekaligus membuka pintu untuk lolos ke babak 16 besar. Sebab, Portugal tinggal meladeni dua tim yang di atas kertas lebih mudah untuk dihadapi, yakni Iran (21/6) dan Maroko (26/6).


Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis