Piala AFC 2019

Prediksi Persija vs Shan United: Laga Pemanasan Jelang Liga 1 2019

Oleh: Wan Faizal - 14 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Kendati sudah tak punya kepentingan di AFC Cup 2019, Persija tak memandang remeh laga lawan Shan United demi persiapan di Shopee Liga 1.
tirto.id - Persija akan menjamu Shan United di SUGBK, Jakarta dalam lanjutan AFC Cup, Rabu (15/5/2019) pukul 20.30 WIB. Meski sudah gagal lolos, namun Macan Kemayoran berniat menjadikan laga ini sebagai pemanasan akhir jelang bergulirnya Shopee Liga 1.

Performa anak asuh Ivan Kolev di fase grup AFC Cup musim ini cukup mengecewakan. Dari lima pertandingan, mereka hanya mengemas satu kemenangan, satu seri, dan tiga kekalahan. Total empat poin dikumpulkan oleh Persija. Jumlah tersebut membawa mereka ada di urutan ketiga di atas Shan, lawan yang akan mereka hadapi.

Meski sudah tidak punya kepentingan, namun tim berjuluk Macan Kemayoran ini tetap memandang penting laga tersebut. Utamanya karena Liga 1 akan bergulir pekan ini, yakni ketika Persija bertandang ke markas Barito Putera pada 20 Mei mendatang.

“Pertandingan melawan Shan memang sudah tidak ada pengaruhnya lagi bagi kami. Tapi, laga ini bagus untuk persiapan kami di Liga 1,” kata Maman Abdurahman dikutip laman resmi klub, Selasa (14/5/2019).

Walau sudah tak ada kepentingan, Persija menegaskan bahwa mereka akan tetap berusaha meraih kemenangan. Bagaimana pun juga, mereka akan bermain di kandang sendiri dan kemenangan bisa menjadi hal bagus untuk suporter yang telah datang mendukung.

“Kami hanya akan menikmati permainan ini. Tapi, kami masih berniat meraih kemenangan demi suporter kami,” tambah Steven Paulle.

Dari kubu Shan, mereka saat ini menjadi penghuni juru kunci di Grup G. Sudah bertanding lima kali, Shan selalu dihajar oleh lawan-lawannya. Dengan kata lain, tim ini belum meraih satu poin pun dalam 450 menit bertanding di kompetisi musim ini.

Namun mereka sedang percaya diri. Akhir minggu kemarin tim ini sukses mengalahkan Yangon United di Liga Nasional Myanmar. Kemenangan tersebut membuat mereka memimpin di tabel klasemen sekaligus menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan di sana.


Kondisi Tim Terkini

Kolev menegaskan bahwa hanya dua pemain yang absen di laga ini. Keduanya adalah Dany Saputra serta Marko Simic. Kondisi itu membuat Kolev agak lega karena masalah yang dihadapi memang tidak seberat sebelumnya ketika ada lebih banyak pemain Persija yang absen. Ditambah, Ryuji Utomo sudah bisa bermain di laga ini setelah kembali dari masa skorsing.

“Saya bisa tenang sekarang karena hanya Dany serta Simic yang absen. Sebelumnya selalu ada empat sampai enam pemain yang absen dan membuat saya pusing. Padahal jika kami bisa bermain dengan kekuatan lengkap, kami bisa lolos ke semifinal,” ucap mantan pelatih Tim Nasional Indonesia itu.

Dari kubu Shan, mereka menyambut kembalinya Zin Min Tun paska menyelesaikan larangan bermain dalam satu pertandingan. Nama Zin Min Tun wajib diwaspadai Persija karena pemain satu ini turut menyumbang satu gol saat Shan mengalahkan Yangon beberapa hari kemarin.

Perkiraan susunan pemain:

Persija (4-3-3): Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Steven Paulle, Ryuji Utomo, Tony Sucipto; Sandi Sute, Rohit Chand, Bruno Matos; Heri Susanto, Riko Simanjuntak, Bambang Pamungkas.

Shan United (4-3-3): Phone Thitsar Min; David Htan, Nanda Kyaw, Ye Min Thu, Hein Phyo Win; Set Phyo Wai, Zin Min Tun, Ryo Nakamura; Dway Ko Ko Chit, Yan Naing Oo, Maycon.


Baca juga artikel terkait AFC CUP 2019 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Wan Faizal
Editor: Ibnu Azis
DarkLight