Hasil & Klasemen Piala AFC 2019 Grup G: Persija Gagal Lolos

Oleh: Hendi Abdurahman - 1 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Persija Jakarta dipastikan gagal lolos ke semifinal zona ASEAN Piala AFC 2019 usai kalah atas Becamex Binh Duong dengan skor 3-1 pada matchday kelima Grup G.
tirto.id - Kekalahan yang diderita Persija atas Becamex Binh Duong pada matchday kelima Piala AFC 2019 Grup G yang digelar Rabu (1/5/2019) di Stadion Go Dau membuat peluang Macan Kemayoran untuk lolos ke semifinal zona ASEAN tertutup.

Dalam lima pertandingan yang telah dijalani, skuat asuhan Ivan Kolev berada di peringkat tiga dengan poin empat hasil dari sekali menang, sekali seri, dan tiga kali kalah. Sementara tambahan tiga poin yang diperoleh Becamex Binh Duong membuat mereka masih berpeluang lolos lewat jalur runner-up terbaik.

Nguyen Anh Duc dan kolega kini menempati posisi kedua dari lima laga yang telah dilakoni. Tim asal Vietnam tersebut mencatatkan tiga kali menang, sekali seri dan sekali kalah dengan total poin 10.

Bermain di kandang sendiri, Binh Duong meraih kemenangan dengan skor 3-1 atas Persija. Tampil menekan di awal-awal pertandingan. Dua gol dicetak pada babak pertama lewat kapten tim, Nguyen Anh Duc dan satu gol tambahan di penghujung paruh pertama melalui To Van Vu.

Di babak kedua, tuan rumah tidak mengendorkan serangan. Satu gol tambahan ditorehkan pemain pengganti, Wander Luiz. Adapun satu gol Persija ditorehkan Bruno Matos pada menit 71.

Di laga Grup G lainnya, tuan rumah Shan United dipastikan menjadi juru kunci usai kalah telak atas pemuncak klasemen Ceres Negros dengan skor 5-0. Bienvenido Maranon kembali menjadi aktor atas kemenangan tim asal Filipina tersebut.

Maranon sukses mencatatkan hattrick sekaligus menjadikannya top skor sementara di Piala AFC 2019 dengan torehan sembilan gol. Dua gol tambahan lainnya tercipta atas nama Carli de Murga dan OJ Porteria.

Hasil tersebut membuat Ceres Negros dipastikan lolos ke babak semifinal zona ASEAN dengan predikat juara Grup G. Meski menyisakan satu laga, 15 poin yang telah ditorehkan Ceres Negros takkan terkejar oleh Becamex Binh Duong.

Berikut Hasil Matchday Kelima Piala AFC 2019 Grup G

  • Shan United vs Ceres Negros 0-5
  • Becamex Binh Duong vs Persija 3-1

Berikut Klasemen Piala AFC 2019 Grup G Hingga Matchday Kelima


No Tim Main SG Poin
1 Ceres Negros 5 +10 15
2 Becamex Binh Duong 5 +7 10
3 Persija Jakarta 5 -2 4
4 Shan United 5 -15 0


Baca juga artikel terkait PIALA AFC 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus