Prediksi Persija vs Mitra Kukar di Liga 1: Seharusnya Menang Mudah

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 9 Desember 2018
Dibaca Normal 2 menit
Persija punya catatan menjanjikan lantaran selalu menang dalam tiga perjumpaan terakhirnya dengan Mitra Kukar.
tirto.id - Persija bakal menjamu Mitra Kukar dalam pertandingan penutup GoJek Liga 1 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (9/12/2018). Kemenangan jelas diincar Macan Kemayoran yang tinggal selangkah lagi merengkuh trofi juara Liga 1 2018.

Saat ini Persija mengemas 59 poin. Mereka berada di puncak dan unggul satu angka dari PSM Makassar selaku penghuni urutan kedua. Dengan asumsi laga ini adalah pertandingan terakhir, bisa dipastikan Persija jadi juara andai mampu memetik kemenangan.

Jika menimbang catatan-catatan sebelumnya, Persija jelas berada di atas angin. Dalam tiga pertemuan terakhirnya dengan Mitra Kukar, Macan Kemayoran selalu bisa pulang dengan hasil kemenangan.

Terakhir, pada putaran pertama lalu mereka mampu mempermalukan Naga Mekes di Tengarong dua gol tanpa balas. Marko Simic dan Osas Saha yang mencetak masing-masing satu gol di laga itu pun siap kembali bermain hari ini.

"Saya pikir besok kami sangat siap lawan Mitra Kukar, apalagi bisa main di GBK, pasti lebih bagus buat tim kami. Tapi lebih bagus lagi buat the Jakmania. Mudah-mudahan kami bisa main bagus besok, kita bisa dapat yang hasil yang semua tunggu," ujar Pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco pada sesi konferensi pers.

Kepercayaan diri Persija turut bertambah menyusul hasil positif dalam beberapa waktu terakhir. Tiga kemenangan beruntun sukses didapat Marko Simic dan kawan-kawan, dengan puncaknya ketika menundukkan Bali United pekan lalu.

Walau punya kepercayaan diri tinggi, Teco tetap mengingatkan agar para pemainnya tidak lengah dan kehilangan gelar yang sudah di depan mata. Terlebih, tim lawan datang dengan ambisi berlipat ganda.

Sudah barang pasti Mitra Kukar mengincar hasil positif. Pasalnya saat ini posisi Naga Mekes belum aman dari ancaman degradasi. Mengemas 39 poin, mereka bahkan hanya berjarak dua angka dari PSMS Medan selaku penghuni dasar klasemen.

"Kami harus latihan dengan serius dan konsentrasi di latihan. Kami tahu Mitra butuh poin, mereka tentu tidak boleh kalah. Ini yang selalu bahaya ketika menghadapi tim seperti ini," sambung Teco.

Di lain pihak, Mitra Kukar telah mengisyaratkan bakal berjuang habis-habisan demi kepastian bertahan di Liga 1 musim depan. Pelatih Rahmad Darmawan dengan tegas mengatakan bahwa target timnya adalah membawa pulang kemenangan ke Tengarong.

"Kami akan mencoba sekuat mungkin pertahankan Mitra Kukar di Liga 1 dan syaratnya hanya satu, yaitu mendapatkan poin penuh di pertandingan terakhir," tandas RD.

Situasi turut menyudutkan Mitra Kukar lantaran bekal yang mereka bawa tak bisa dibilang menjanjikan. Pekan lalu, mereka baru saka tunduk 3-1 dari Sriwijaya FC.

Lima Laga Terakhir Persija Jakarta

2/12/2018 Liga 1 Bali United Pusam 1-2 Persija Jakarta
24/11/2018 Liga 1 Persija Jakarta 3-2 Sriwijaya FC
20/11/2018 Liga 1 Persija Jakarta 3-0 Persela Lamongan
16/11/2018 Liga 1 PSM Makassar 2-2 Persija Jakarta
10/11/2018 Liga 1 Persija Jakarta 0-0 PS TIRA

Persija punya catatan mentereng dalam lima pertandingan terakhir. Macan Kemayoran tak tersentuh kekalahan. Tiga kali mereka menang, dan dua kali bermain imbang.

Lima Laga Terakhir Mitra Kukar

30/11/2018 Liga 1 Sriwijaya FC 3-1 Mitra Kukar
23/11/2018 Liga 1 Mitra Kukar 1-0 PS TIRA
17/11/2018 Liga 1 Barito Putera 2-1 Mitra Kukar
9/11/2018 Liga 1 Mitra Kukar 1-1 Persela Lamongan
4/11/2018 Liga 1 Perseru Serui 3-1 Mitra Kukar

Di lain pihak, Mitra Kukar justru sedang berada dalam rapor buruk. Dalam lima laga terakhir Naga Mekes sudah tiga kali kalah. Hanya sekali mereka menang, dan mendapat satu hasil imbang.

Head to Head Persija vs Mitra Kukar (Lima Perjumpaan Terakhir)

21/7/2018 Liga 1 Mitra Kukar 0-2 Persija Jakarta
4/2/2018 Piala Presiden Mitra Kukar 1-3 Persija Jakarta
8/9/2017 Liga 1 Mitra Kukar 1-2 Persija Jakarta
14/5/2017 Liga 1 Persija Jakarta 1-1 Mitra Kukar
2/12/2016 ISC A Mitra Kukar 2-0 Persija Jakarta

Sejarah lima pertemuan terakhir antara Persija dan Mitra Kukar memihak pada Macan Kemayoran. Mereka tiga kali menang, sekali imbang, dan sekali saja kalah dari Mitra Kukar.

Perkiraan Susunan Pemain Persija vs Mitra Kukar

Persija Jakarta:
Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Jaimerson Xavier, Maman Abdurrahman, Rezaldi Hehanussa; Rohit Chand, Sandi Darma Sute; Novri Setiawan, Renan da Silva, Riko Simanjuntak; Marko Simic.

Mitra Kukar: Gerri Mandagi; Wiganda Pradika, Mauricio Leal, Saepuloh Maulana, Rendy Siregar; Bayu Pradana, Danny Sean Guthrie; Dedy Hartono, Septian David Maulana, Hendra Bayauw; Fernando Rodriguez.

Kickoff pertandingan Persija vs Mitra Kukar dijadwalkan pukul 15.30 WIB. Indosiar akan menyiarkan langsung laga yang juga dapat diakses secara live streaming lewat laman Vidio.com ini.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
Dari Sejawat
Infografik Instagram