Prediksi Nurnberg vs Dortmund: 3 Poin Demi Jaga Jarak dari Bayern

Oleh: Wan Faizal - 17 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Nurnberg vs Borussia Dortmund di Liga Jerman pada Selasa (19/2/2019) mengarah pada kemenangan tim tamu.
tirto.id - Pertandingan Nurnberg vs Borussia Dortmund akan berlangsung di Stadion Max-Morlock dalam lanjutan Liga Jerman pekan ini pada Selasa (19/2/2019) pukul 02.30 WIB. Kemenangan menjadi target anak asuh Lucien Favre karena saat ini mereka hanya unggul dua angka saja dari Bayern Munchen usai kemenangan Die Roten atas Augsburg.

Kemenangan Bayern di markas Augsburg memang sukses memberikan tekanan pada Dortmund. Artinya, Mario Gotze dan kawan-kawan juga harus bisa meraih poin penuh di pekan ini untuk menjaga jarak tetap lima poin. Melawan Nurnberg menjadi kesempatan bagus untuk menang karena tim ini sedang memiliki masalah besar dan permainannya di lapangan tak kunjung membaik.

Berada di peringkat terbawa dengan 12 poin, Nurnberg sudah tak mampu meraih kemenangan dalam 15 pertandingan terakhir di Bundesliga 1. Terakhir kali mereka bisa meraih poin penuh adalah pada 29 September 2018 lalu ketika menghajar Fortuna Dusseldorf 3-0.
Selanjutnya, mereka hanya meraih empat hasil seri dan 11 kekalahan. Itu masih belum termasuk kekalahan dari Hamburg yang membuat Nurnberg kandas di DFB Pokal.

Masalah yang ada bukannya tidak dipahami oleh duet pelatih baru tuan rumah, Boris Schommers dan Marek Mintal. Namun menginginkan adanya perubahan instan di pertandingan melawan BVB jelas sulit dan hal tersebut juga disadari oleh Schommers.

“Dortmund datang kesini dengan membawa segudang kualitas yang mereka miliki, terutama ketika menyerang. Kami harus bermain sangat kompak dan agresif ketika mereka menguasai bola. Mengenai cara kami bermain, tentu akan ada perubahan termasuk tentang bagaimana susunan pemain yang akan saya turunkan,” kata Schommers dalam konferensi pers jelang pertandingan ini.

Sementara itu, Favre tak mau menganggap remeh sang lawan. Situasi buruk yang menimpa Nurnberg memang bakal membuat Dortmund makin percaya diri. Apalagi pada pertemuan pertama mereka berhasil melibas lawannya itu dengan skor 7-0. Namun berkaca dari laga sang lawan melawan Werder Bremen, Favre melihat ada potensi bagus ketika Nurnberg dipegang oleh Schommers dan Mintal.

“Kami harus siap dengan segala kemungkinan yang bisa terjadi. Melawan Bremen, Nurnberg bermain luar biasa dan memang selalu menjadi pertandingan yang penting ketika tim Anda mendapatkan pelatih baru,” ujar Favre dalam konferensi pers.




Kondisi Tim Terkini

Favre harus sangat jeli dalam menurunkan komposisi pemainnya di laga ini. Pasalnya beberapa hari sebelumnya, BVB mengeluarkan tenaga ekstra ketika dipukul Tottenham Hotspur 3-0 di Liga Champions. Mengistirahatkan beberapa nama atau tidak memainkan para pemain andalan secara penuh bisa menjadi pilihan bijak bagi Favre agar timnya tetap garang sampai akhir musim.

Nama Lukasz Piszczek disebutkan Favre tidak bisa bermain di laga tandang melawan Nurnberg. Di sisi lain ada kabar bagus bahwa Paco Alcacer sudah bisa berlatih lagi meski keterlibatannya di pertandingan nanti masih menjadi tanda tanya besar.

Sementara dari Nurnberg, Schommers memberikan beberapa detail mengenai kondisi terkini para pemainnya. Satu yang melegakan suporter tuan rumah adalah Mikael Ishak dan Eduard Lowen siap diturunkan lagi oleh sang pelatih setelah dalam tiga laga terakhir tidak terlalu dipandang Schommers.

“Kami masih harus kehilangan Virgil Misidjan. Cedera yang menimpanya membuat ia tak akan bisa kembali ke skuad paling tidak sampai minggu depan. Ivo Ilicevic kondisinya semakin membaik namun kami belum mau memaksanya turun bertanding jika belum benar-benar fit,” papar Schommers.

Perkiraan Susunan Pemain

Nurnberg (4-3-3): Christian Mathenia; Enrico Valentini, Lukas Muhl, Ewerton, Tim Leibold; Ondrej Petrak, Hanno Behrens, Eduard Lowen; Mikael Ishak, Matheus Pereira, Adam Zrelak

Dortmund (4-2-3-1): Roman Burki; Achraf Hakimi, Omer Toprak, Abdou Diallo, Marcel Schmelzer; Axel Witsel, Thomas Delaney; Jadon Sancho, Raphael Guerreiro, Christian Pulisic; Mario Gotze

Baca juga artikel terkait LIGA JERMAN atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Wan Faizal
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Wan Faizal
DarkLight