Kualifikasi Euro 2020

Prediksi Norwegia vs Spanyol: La Roja Wajib Tiga Poin

Oleh: Wan Faizal - 12 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Norwegia vs Spanyol dalam lanjutan kualifikasi Euro 2020 Grup F mengarah pada kemenangan La Roja.
tirto.id - Lanjutan kualifikasi Euro 2020 Grup F akan mempertemukan Norwegia vs Spanyol di Stadion Ullevaal, Minggu (13/10/2019) pukul 01.45 WIB. Tiga angka dibutuhkan pasukan Roberto Moreno demi memperbesar peluang mendapatkan tiket ke putaran final.

La Roja saat ini menduduki peringkat pertama di Grup F dengan koleksi 18 poin. Sudah berlaga sebanyak enam kali, artinya Spanyol belum menemui hambatan berarti karena selalu meraup kemenangan. Hasil maksimal di laga ini bakal mereka incar meski diprediksi tidak akan mudah.

Syarat bagi Spanyol untuk lolos sebenarnya tidak hanya bergantung pada kemenangan melawan Norwegia malam nanti. Pasalnya, hal itu masih harus diimbangi dengan kegagalan Rumania meraih kemenangan saat bersua Kepulauan Faroe. Selain itu, Spanyol juga berharap Swedia menderita kekalahan saat bertandang ke markas Malta.

Namun demikian, skuad Spanyol diprediksi tak akan terlalu peduli dengan permutasi tersebut. Bagi mereka targetnya hanya satu, yakni meraih tiga poin atas Norwegia. Andai kemenangan masih belum memastikan lolos, maka Spanyol masih punya kesempatan meraih tiket tersebut pada 15 Oktober saat bertandang menghadapi Swedia.

“Target kami tentu saja adalah mendapatkan kemenangan. Namun kami paham bahwa tidak akan mudah mengalahkan Norwegia di kandangnya sendiri,” kata salah satu kiper Spanyol, Kepa Arrizabalaga.

Di sisi lain Norwegia akan berusaha mempertahankan peluang mereka lolos ke putaran final via babak play-off. Masih berkutat di posisi 4 dengan sembilan poin, tuan rumah akan berupaya menang guna mengejar perolehan poin Swedia (11 poin) dan Rumania (10 poin).

Akan tetapi, Joshua King dan kolega diperkirakan bakal kesulitan menghadapi tim seperti Spanyol. Pada pertemuan pertama, Maret 2019 lalu di Stadion Mestalla, Norwegia kalah 2-1 kendati cukup memberikan perlawanan.

“Melawan Spanyol, kami sadar bahwa hal pertama yang harus kami perkuat adalah sektor pertahanan. Bagaimana kami bermain dan penempatan posisi selama di lapangan akan menjadi faktor penentu keberhasilan kami di laga nanti,” ujar Martin Odegaard.

Kondisi Tim Terkini

Norwegia tidak bisa menyertakan nama Erling Haaland dan Ruben Gabrielsen dalam pertandingan nanti karena mengalami cedera. Namun, pemain andalan lainnya bisa turun, termasuk Joshua King yang mencetak gol tunggal Norwegia saat bertandang ke markas Spanyol di pertemuan pertama.

Sedangkan tim tamu harus kehilangan Dani Ceballos yang memperoleh cedera saat menjalani sesi latihan. Kendati demikian, hilangnya penggawa asal klub Arsenal itu diprediksi tak akan menjadi masalah besar lantaran kedalaman skuad La Roja relatif baik.

Perkiraan susunan pemain:

Norwegia (4-2-3-1): Rune Jarstein; Omar Elabdellaoui, Kristoffer Ajer, Havard Nordtveit, Haitam Aleesami; Sander Berge, Markus Henriksen; Stefan Johansen, Ole Selnaes, Martin Odegaard; Joshua King

Spanyol (4-3-3): Kepa Arrizabalaga; Jesus Navas, Sergio Ramos, Inigo Martinez, Juan Bernat; Sergio Busquets, Saul Niguez, Fabian Ruiz; Gerard Moreno, Mikel Oyarzabal, Rodrigo Moreno


Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI EURO 2020 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Hendi Abdurahman
DarkLight