Hasil dan Klasemen Kualifikasi Euro per 12 Oktober 2019

Oleh: Wan Faizal - 12 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Kualifikasi Piala Eropa 2020 Republik Ceko vs Inggris berakhir dengan skor 2-1.
tirto.id - Hasil Kualifikasi Piala Eropa 2020 hari Sabtu (12/10/2019) dini hari WIB membuat kubu Timnas Inggris harus kecewa. Kekalahan yang mereka dapatkan saat bertandang ke Republik Ceko memaksa The Three Lions menunda kelolosan mereka ke putaran final Euro 2020.

Inggris mengincar tiga poin berikutnya di babak kualifikasi ini guna menjaga catatan 100 persen kemenangan mereka. Berhadapan dengan Republik Ceko yang hanya berjarak tiga poin saja, kemenangan bisa memastikan anak asuh Gareth Southgate lolos ke putaran final.

Gol pembuka dari Harry Kane di menit kelima membawa Inggris unggul. Namun hanya berjarak empat menit saja, Ceko bisa menyamakan skor lewat gol Jakub Brabec. Pertandingan lantas berjalan sengit hingga akhirnya tuan rumah menentukan kemenangan lewat gol Zdenek Ondrasek di menit 85. Atas hasil ini, alih-alih lolos, poin Inggris malah disamai oleh Ceko yakni dengan 12 poin.

Dari Grup B, Portugal terus melanjutkan misinya mengejar Ukraina yang masih mantap berada di posisi teratas. Semalam, kemenangan telak didapat Portugal atas Luksemburg dengan skor 3-0 lewat gol-gol dari Bernardo Silva, Cristiano Ronaldo, dan Goncalo Guedes.

Sayangnya, kemenangan itu menjadi agak hambar karena di pertandingan lain Ukraina sukses meraih kemenangan kelimanya. Menjamu Lithuania, skor 2-0 menjadi akhir pertandingan berkat dua gol dari Ruslan Malinovskiy pada masing-masing babak.

Atas hasil tersebut, Ukraina masih mantap berada di peringkat teratas dengan koleksi 16 poin. Kemudian menyusul Seleccao yang berjarak lima poin meski Portugal sendiri baru berlaga lima kali dan sang pesaing bertanding sekali lebih banyak.

Terakhir dari persaingan di Grup H semalam, Turki dan Perancis masih bersaing ketat di dua posisi teratas. Perancis yang melakoni laga tandang ke Islandia sukses membukukan kemenangan tipis 0-1 lewat gol penalti Olivier Giroud. Skor yang sama didapat Turki saat menjamu Albania melalui gol Cenk Tosun di menit akhir pertandingan.

Sama-sama meraih kemenangan, baik Turki maupun Perancis kompak mengoleksi 18 poin dari tujuh pertandingan yang sudah dijalani. Sedangkan pesaing terdekat yakni Islandia masih berjarak dua kemenangan dari dua unggulan tersebut.

Grup A

Rep Ceko vs Inggris 2-1 (Jakub Brabec 9’, Zdenek Ondrasek 85’ / Harry Kane 5’-pen)

Montenegro vs Bulgaria 0-0


Grup B

Portugal vs Luksemburg 3-0 (Bernardo Silva 16’, Cristiano Ronaldo 65’, Goncalo Guedes 89’)

Ukraina vs Lithuania 2-0 (Ruslan Malinovskiy 29’, 58’)


Grup H

Andorra vs Moldova 1-0 (Marc Vales 63’)

Islandia vs Perancis 0-1 (Olivier Giroud 66’-pen)

Turki vs Albania 1-0 (Cenk Tosun 90’)


Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI EURO 2020 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Yantina Debora
DarkLight