Prediksi MotoGP Le Mans Prancis 2018: Penentuan Musim Yamaha

Oleh: Fitra Firdaus - 18 Mei 2018
Dibaca Normal 1 menit
Grand Prix Le Mans akan menjadi penentu, bisakah Yamaha bersaing musim ini di MotoGP 2018 atau tidak.
tirto.id - Seri kelima MotoGP musim ini, Grand Prix Le Mans Prancis akan digelar pada Minggu, 20 Mei 2018. Balapan di Circuit Bugatti, Le Mans ini akan menjadi penentuan, apakah Yamaha mampu bersaing untuk gelar juara atau tidak.

Jika melihat posisi di klasemen tim, Movistar Yamaha masih ada di puncak. Hingga seri keempat di Grand Prix Spanyol, tim tersebut mengumpulkan 90 poin. Mereka dua angka lebih banyak dibandingkan Repsol Honda di urutan kedua, dan 38 angka dari Ducati Team, sang posisi keenam.

Namun, jika melihat klasemen pebalap dan manufaktur, Yamaha masih jauh tertinggal. Maverick Vinales ada di urutan ketiga klasemen pebalap, sementara Valentino Rossi di posisi keenam. Vinales 20 poin dari Marc Marquez sang pemuncak, sementara Rossi lebih buruk lagi: tertinggal 30 angka.

Di klasemen manufaktur, Yamaha tertinggal jauh dari Honda. Mereka tertinggal 19 angka. Tidak hanya itu, Yamaha adalah satu-satunya dari tiga tim yang disebut 'tim elite MotoGP' yang belum pernah menjadi juara seri musim ini. Ducati sudah menang sekali, sementara Honda tiga kali.

Marc Marquez melihat, ujian sebenarnya untuk Yamaha akan datang di GP Le Mans ini. Pasalnya, sirkuit di Prancis tersebut selalu menjadi tempat Yamaha mendulang poin besar. Yamaha menang di Le Mans pada 2015, 2016, dan 2017. Musim lalu, mereka bahkan berhasil di urutan pertama dan kedua, karena Johann Zarco, pebalap tim Yamaha Tech 3 menjad runner-up.

"Dalam hal hasil balapan, musim ini masih sangat bagus (untuk Honda), tapi saya pikir ini adalah tes yang lebih besar untuk Yamaha, karena jika mereka tidak mencetak hasil bagus, maka performa mereka akan terbukti buruk," kata Marquez dikutip laman Motorsport.com.

"Banyak hal berubah dari sebuah sirkuit ke sirkuit lain. Yamaha mungkin menderita di Jerez, tapi secara teori, ini adalah sirkuitnya Yamaha. Mereka selalu sangat cepat di sini, dan saya pikir tahun ini, tidak akan berubah."


Sementara itu, Valentino Rossi yang terpuruk di peringkat enam klasemen, menilai Yamaha memang harus memperbaiki performa. Namun, ia tidak tahu kapan pastinya YZR M1 bisa menemukan kekuatan untuk bersaing dengan Honda RC213V yang dikendarai Marc Marquez.

Hanya saja, Rossi membidik keberuntungan datang kepadanya di GP Le Mans. Ia melihat, Sirkuit Bugatti cocok dengan gaya mengemudinya.

"Secara historis Yamaha bagus di Le Mans. Saya juga (mencetak hasil) bagus bersama Ducati dengan dua podium. Jadi ini adalah trek yang bagus. Lintasannya sangat datar dan ada perasaan luar biasa untuk melintas di atasnya, karena tingkat cengkeraman (ban) sangat tinggi tahun lalu," kata The Doctor dikutip laman Crash.net.

Untuk mengembalikan musim yang sulit, Yamaha bakal berupaya memenangi grand prix favorit mereka. Namun, Honda, Ducati, Suzuki, dan bahkan Pramac —tim satelit Ducati yang ada di urutan ketiga klasemen tim— membuat MotoGP 2018 lebih sengit dibandingkan musim-musim sebelumnya.

Berikut jadwal rangkaian Grand Prix Le Mans Prancis akhir pekan ini.

Jumat, 18 Mei 2018
Sesi Latihan Bebas 1: 14.55 hingga 15.40 WIB
Sesi Latihan Bebas 2: 19.05 hingga 19.50 WIB

Sabtu, 19 Mei 2018
Sesi Latihan Bebas 3: 14.55 hingga 15.40 WIB
Sesi Latihan Bebas 4: 18.30 hingga 19.00 WIB
Kualifikasi 1 (Q1): 19.10 hingga 19.25 WIB
Kualifikasi 2 (Q2): 19.35 hingga 19.50 WIB

Minggu, 20 Mei 2018
Sesi Pemanasan: 14.40 hingga 15.00 WIB
Sesi Lomba: 19.00 WIB

Baca juga artikel terkait MOTOGP 2018 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
a