Liga Champions

Prediksi Liverpool vs Munchen di UCL 2019, Faktor Jurgen Klopp

Oleh: Permadi Suntama - 18 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Liverpool vs Bayern Munchen di Liga Champions pada Rabu (20/2/2019) bakal ditentukan trio lini depan tuan rumah atau penyerang utama tim tamu, Robert Lewandowski.
tirto.id - Liverpool akan menjamu Bayern Munchen di Anfield dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champions, pada Rabu (20/2/2019), pukul 03.00 WIB dini hari. Jurgen Klopp yang pernah menukangi Borusia Dortmund akan menggunakan pengalamannya di Bundesliga untuk menghadapi Bayern Munchen.

Selain itu, Jurgen Klopp, telah melakukan analisis untuk mencari kelemahan dan kelebihan Bayern Munchen yang dapat dimanfaatkan oleh The Reds..

“Mereka adalah [juara Bundesliga] enam musim beruntun, yang tidak mudah, dan mereka adalah salah satu tim yang dalam 10 tahun terakhir selalu mencapai perempat final, semi-final, [bahkan] final Liga Champions. [Saya telah menonton] lima atau enam [laga mereka] dan sekarang kami memiliki analisis yang lebih rinci. [Permainan Bayern] ini adalah campuran dari kualitas dan pengalaman,” kata Jurgen Klopp, dikutip laman resmi Liverpool.

Liverpool sendiri, belum melakukan pertandingan kompetitif sejak kemenangan 3-0 atas Bournemoth di Liga Inggris, pada 9 Februari. Sementara di kubu tamu, anak asuh Nico Kovac, berhasil melakukan come back setelah teringgal dua kali di Derbi Bavaria, melawan Augsburg yang berakhir dengan skor 2-3.

"Kami bangkit dari ketertinggalan dua kali [melawan Augsburg], mendominasi babak kedua dengan [menciptakan banyak] peluang mencetak gol. Kami harus lebih baik di Liverpool. Tetapi ketika Anda bermain di sana, ada fokusnya akan berbeda," kata Nico Kovac, seperti dikutip laman resmi Bayern Munchen.



Perkiraan Susunan Pemain

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander Arnold, Joel Matip, Virgil Van Dijk, Andre Robertson; Naby Keita, Giorginio Wijnaldum, Jordan Henderson; Mohamed Salah, Roberto Firminho, Sadio Mane.

Bayern Munchen (4-3-3): Manuel Neuer; Joshua Kimmich, Niklas Sule, Mat Hummels, David Alaba; Leon Goretzka, Javi Martrinez, James Rodriguez; Serge Gnabry, Robert Lewandowski, Kingsley Coman.

Prediksi Pertandingan

Liverpool yang akan mengandalkan trio Firmino, Salah, dan Mane, diprediksi akan langsung melakukan pressing tinnggi ke area permainan Bayern Munchen sejak dimulainnya laga.

Kombinasi tiga pemain depan The Reds musim ini telah menghasilkan 6 gol di 6 matchday fase grup Liga Champions dan 38 gol (64,4% gol Liverpool) di Liga Inggris. Di sisi lain, total gol ketiga pemain ini tidak lebih banyak dari Robert Lewandowski, yang sudah mengemas 8 gol.

Ketergantungan Bayern Munchen terhadap Lewandowski bisa menjadi bumerang untuk tim tamu, jika The Reds mampu meredamnya. Duel di kedua sisi sayap pun diprediksi tidak bisa dihindarkan, mengingat serangan kedua tim musim ini didominasi oleh sisi sayap.

Berdasarkan statistik Whoscored, Liverpool memulai 74% serangannya dari sayap, sementara Bayern 76%.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Permadi Suntama