Liga Champions

Jelang Liverpool vs Bayern Munchen, Kingsley Coman Siap Tempur

Oleh: Wan Faizal - 16 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Kingsley Coman sempat disandera "isu" cedera usai laga Augsburg vs Bayern Munchen, Jumat (15/2).
tirto.id - Bayern Munchen boleh merasa lega setelah Kingsley Coman dinyatakan tidak mengalami cedera parah. Melalui akun Twitter @FCBayernEN, Sabtu (16/2/2019), tim berjuluk Die Roten ini mengabarkan bahwa Coman siap tempur saat dijamu Liverpool dalam duel leg 1 Liga Champions tengah pekan mendatang.

Seperti diketahui bahwa Coman mengalami cedera di menit-menit akhir laga DFB Pokal, Augsburg vs Bayern di WWK Arena, Jumat (15/2) dini hari. Saat itu, Kovac begitu khawatir jika Coman mengalami cedera parah lantaran sedang dalam performa yang bagus saat ini.

Dalam kemenangan 2-3 atas tuan rumah itu, Coman menyumbang dua gol sekaligus menggagalkan dua kali keunggulan tuan rumah. Ia juga berperan besar terhadap gol kemenangan yang dikemas David Alaba melalui assist-nya.

Meski begitu, Coman mengalami cedera pada menit akhir dan memaksa Bayern bermain dengan 10 orang lantaran jatah pergantian telah habis.

“Kingsley Coman akan kami monitor kondisinya dan setelahnya kami baru bisa tahu separah apa cederanya. Saya berharap ia bisa bermain melawan Liverpool,” jelas Kovac usai laga itu.

Sedang Dalam Performa Bagus

Tidak salah jika pelatih berkebangsaan Kroasia tersebut risau usai mengetahui Coman mengalami cedera. Pasalnya, eks pemain Juventus ini sedang dalam performa menjanjikan. Ia juga juga turut menyumbang satu gol ketika Bayern menang atas Hertha Berlin di DFB Pokal.

Dari beberapa laga terakhir Bayern di semua ajang, Kovac juga sangat percaya pada pemain muda ini. Dalam empat laga terkini yang dimainkan Bayern, tiga kali Coman bermain penuh 90 menit dan dalam beberapa kesempatan ia juga mendapatkan kesempatan bermain lebih dari 75 menit.

Laman Whoscored mencatat, dalam 10 pertandingan terakhir, menit bermain Coman di semua kompetisi cukup menjanjikan, yakni 650 menit. Jumlah itu hanya kalah dari Thomas Muller (697 menit) atau ‘pendamping striker’ lain yang dimiliki Bayern seperti Arjen Robben (640 menit), James Rodriguez (633 menit), Serge Gnabry (575 menit), dan Franck Ribery (525 menit).

Pada periode yang sama, sumbangsih Coman dalam hal gol dan assist juga cukup menawan. Total ada 4 gol dan 1 assist yang dikemasnya dan jumlah itu sama dengan milik Gnabry. Catatan itu masih lebih bagus dibanding Muller (tanpa gol, 3 assist), James (1 gol, 1 assist), dan Robben (3 gol, 1 assist), meski masih kalah dari Ribery (5 gol, 0 assist) dalam 10 laga terakhir yang dimainkan masing-masing oleh mereka.

Nyaris Pensiun Dini Karena Cedera

Sayangnya, Coman juga acapkali harus berurusan dengan cedera yang tidak biasa. Bergabung dengan Bayern sejak musim 2015-2016, dalam semusim tak sekalipun ia bermain di lebih dari 25 kali dalam ajang Bundesliga. Hal tersebut bisa terjadi karena ia kerap mendapatkan cedera parah yang sempat mengganggu peluangnya bermain membela Tim Nasional Prancis di Euro 2016 dan Piala Dunia 2018.

Bahkan, dalam setahun terakhir, ia beberapa kali mengalami masalah besar pada engkelnya. Putaran kedua musim lalu pun ia lebih banyak absen sehingga gagal masuk skuad Timnas Prancis. Pun demikian di awal musim ini yang membuat Coman nyaris memutuskan pensiun pada Desember lalu andai masalah cedera tersebut terus terulang.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kolumnis: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Ibnu Azis
DarkLight