Prediksi Laga Arema FC vs PSM Makassar Hari Ini

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 30 Agustus 2017
Dibaca Normal 1 menit
Arema FC akan menjamu PSM Makassar hari ini. Tak mudah bagi tuan rumah untuk memenangkan laga.
tirto.id - Arema FC akan menjamu PSM Makassar pada lanjutan GoJek Traveloka Liga 1 di Stadion Kanjuruhan, Rabu (30/8/2017). Pertandingan diprediksi berjalan alot, mengingat kedua kubu membutuhkan tambahan poin untuk bertahan di papan atas.

Arema FC duduk di peringkat tujuh klasemen dengan koleksi 33 poin. Mereka tertinggal lima poin di belakang Juku Eja di peringkat empat klasemen sementara Liga 1.

Rekor tandang PSM sepanjang musim ini bisa membuat Singo Edan lega. Dari 11 laga tandang, Juku Eja hanya pernah menang dua kali.

Namun, langkah Arema FC untuk memperpanjang rekor buruk PSM Makassar tak akan mudah. Pada pertandingan malam ini, pelatih Joko Susilo tidak dapat menurunkan Arthur Cunha dan Esteban Vizcarra. Dua pemain asing itu mendapat akumulasi kartu kuning dan perannya akan digantikan pemain lain.

Di sektor gelandang serang, opsi untuk mengisi posisi Vizcarra kemungkinan jatuh pada Muhammad Rafli. Selain Rafli, Joko Susilo juga dapat menggeser gelandang tengah dan sayapnya untuk bermain di posisi Vizcarra. Untuk opsi kedua, nama-nama yang siap tempur adalah Hendro Siswanto, Pablo Pino, Ferry Aman Saragih, dan Adam Alis. Sedangkan untuk menggantikan posisi Arthur Cunha, bek serba bisa Junda Irawan kemungkinan akan tampil sejak awal pertandingan.

Arema FC masih belum dapat diperkuat Bagas Adi Nugroho dan Hanif Sjahbandi. Dua nama tersebut masih tergabung bersama Timnas U-22 untuk ajang SEA Games.

Di bawah mistar gawang, penjaga gawang Kurnia Meiga belum pasti bermain lantaran belum bugar. Namun, ada cukup kemungkinan bagi Meiga untuk tampil petang nanti. Jika terpaksa harus absen sekalipun, Arema FC masih memiliki alternatif memainkan Dwi Kuswanto. Sepanjang musim ini, penjaga gawang berusia 32 tahun itu baru dua kali diberi kesempatan bermain.

Di kubu tim tamu, kondisi PSM tidak lebih baik. Juku Eja tak akan diperkuat bek tangguh Hamka Hamzah. Selain itu, Willem Jan Pluim dan kawan-kawan juga tak akan didampingi Robert Alberts. Pelatih asal Belanda itu terkena sanksi larangan mendampingi tim selama dua pertandingan.

Saat ini PSM hanya tertinggal tiga poin dari Bali United di puncak klasemen. Artinya, jika menang mereka dapat menyamai perolehan poin Serdadu Tridatu. Misi ini akan menjadi pemicu semangat para punggawa Juku Eja.

Terlepas dari semua kondisi di atas, PSM memiliki rekor jeblok kala bertandang ke makas Arema FC. Selama 16 tahun terakhir, dari 11 pertandingan di Malang tak sekalipun PSM menang.

Pada putaran pertama lalu, PSM Makassar sempat mengalahkan Arema FC di Stadion Andi Matalatta. Juku Eja menang tipis 1-0 berkat gol Reinaldo Elias, penyerang yang pada putaran kedua memutuskan hengkang ke Persija Jakarta.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2017 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Agung DH