Liga 1 2019

Prediksi Kalteng Putra vs Persebaya: Misi Putus Tren Kemenangan

Oleh: Hendi Abdurahman - 12 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Kalteng Putra punya rekor kandang impresif musim ini, yang mesti diwaspadai Persebaya, yakni selalu meraih kemenangan.
tirto.id - Persebaya mesti waspada saat melawan tuan rumah Kalteng Putra pada pekan 18 Shopee Liga 1 2019, Jumat (13/9/2019). Pasalnya, musim ini, Laskar Isen Mulang memiliki rekor 100 persen kemenangan saat bertanding si Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya.

Sempat menjalani laga kandang di Stadion Sultan Agung, Bantul dan Stadion Maguwoharjo, Sleman di awal kompetisi, Kalteng Putra menunjukkan tren positif kala kembali ke kandang, Stadion Tuah Pahoe.

Dari tiga kali pertandingan terakhir saat bermain di Tuah Pahoe, skuad asuhan Gomes De Oliveira selalu menang, masing-masing atas Semen Padang (2-0), Arema FC (4-2), dan Bhayangkara FC (3-2).

Dengan catatan tersebut, Persebaya harus berhati-hati. Apalagi, tuan rumah kini diperkuat penggawa anyar Eydison Soares yang menggantikan Hedipo Gustavo lantaran hengkang ke Bhayangkara FC.

“Eydison Teofilo Soares posisinya sebagai penyerang dan pernah bermain di klub yang berada di Asia Tenggara,” sebut manajer tim, Sigit Widodo.

Dari sisi sang pemain, penggawa asal Brasil tersebut mengaku tak sabar untuk berkontribusi membawa Kalteng Putra meraih kemenangan dan memperbaiki posisi di klasemen meskipun cuaca di Palangkara sedang kurang baik.

“Saya siap memberikan yang terbaik untuk klub. Mengenai asap, sama sekali bukan hambatan. Bagaimana penampilan saya, mari kita lihat saja nanti hasilnya di lapangan nanti,” kata Eydison


Hingga 16 kali bertanding, Laskar Isen Mulang masih tertahan di urutan 14 dengan poin 17 hasil dari lima kali menang, dua kali seri dan sembilan kali kalah.

Di kubu tamu, Persebaya mendapat tambahan amunisi dengan kembali bergabungnya Rachmat Irianto dan Osvaldo Haay dari Timnas Indonesia U-23. Meski belum tentu diturunkan, keduanya ikut serta dalam rombongan yang dibawa ke Palangkaraya.

“Kondisi dua pemain, kami senang mereka gabung. Mungkin mereka satu Minggu training camp (TC). Di sana capek sedikit,” ucap asisten pelatih Persebaya, Wolfgang Pikal seperti dikutip laman resmi Liga 1.

Selain dua nama tersebut, Bajul Ijo juga menyertakan Ruben Sanadi dan Irfan Jaya usai keduanya membela Timnas Indonesia senior di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022. Ditambah David Da Silva yang tengah percaya diri karena sukses menorehkan gol pada pertandingan pemungkas melawan Bhayangkara FC.

Kendati secara materi pemain Persebaya relatif lebih baik, akan tetapi Misbakus Solikin dan kawan-kawan tak boleh lengah. Selain rekor kandang di Stadion Tuah Pahoe, hasil pertemuan pada putaran pertama yang berakhir dengan skor sama kuat 1-1 menjadi bukti bahwa Kalteng Putra bisa merepotkan lini pertahanan Persebaya.

Perkiraan Susunan Pemain

Kalteng Putra: Dimas Galih; Wasyiat Hasbullah, Rafael Bonfim, Abdul Rahman Abanda, Kevin Gomes; Fajar Handika, I Gede Sukadana, Diogo Campos, Eydison Soares; Patrich Wanggai, Ferinando Pahabol.

Persebaya: Miswar Saputra; M. Syaifuddin, Hansamu Yama, Otavio Dutra, Ruben Sanadi; M. Hidayat, Fandi Eko, Misbakus Solikin; Irfan Jaya, Osvaldo Haay, David Da Silva.


Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Ibnu Azis
DarkLight