Liga Champions

Prediksi Juventus vs Ajax: Berharap Tuah Cristiano Ronaldo

Oleh: Gilang Ramadhan - 16 April 2019
Dibaca Normal 2 menit
Pertandingan Juventus vs Ajax dalam lanjutan leg kedua 8 besar Liga Champions 2018/2019 yang dilangsungkan pada Rabu (17/4/2019) diprediksi akan menjadi milik tuan rumah.
tirto.id - Allianz Stadium, Turin, akan menggelar pertandingan leg kedua babak 8 besar Liga Champions 2018/2019 antara Juventus vs Ajax pada Rabu (17/4/2019) pukul 02.00 WIB. Bianconeri diprediksi mampu mengatasi perlawanan Ajax dengan berharap tuah dari Cristiano Ronaldo.

Kedua kesebelasan bermain imbang 1-1 pada leg pertama di Johan Cruyff ArenA. Cristiano Ronaldo sempat membawa Bianconeri unggul terlebih dahulu di pengujung babak pertama melalui sundulan akuratnya, sebelum disamakan oleh David Neres di awal paruh kedua.

Bagi Ronaldo, satu gol tersebut menjadi gol ke tujuh dari enam pertemuan terakhir melawan de Amsterdammers. Tuan rumah hanya membutuhkan hasil imbang tanpa gol untuk meraih tiket semifinal ketiga mereka dalam empat tahun terakhir.

Juventus masih akan mengandalkan Cristiano Ronaldo di laga ini. Pemain internasional Portugal itu menjadi pemain dengan jumlah tembakan (42) terbanyak di Liga Champions musim ini, sejajar dengan Hakim Ziyech. Total, Ronaldo telah mencetak 5 gol di musim ini. 4 gol tercipta dari 2 laga terakhir. Ronaldo pun tercatat sebagai pemain dengan jumlah gol terbanyak sepanjang masa di fase gugur liga champions (64).

Akan tetapi, Ajax tidak bisa dianggap remeh. Anak asuh Erik ten Hag berhasil menjungkalkan juara bertahan Real Madrid di babak 16 besar. Kendati kalah 1-2 pada leg pertama di Amsterdam, Hakim Ziyech dan kawan-kawan secara mengejutkan menang 4-1 di Santiago Bernabeu.

Hal serupa juga diciptakan oleh Juventus. Menghadapi Atletico Madrid di 16 besar, Si Nyonya Tua takluk 0-2 di Madrid, namun sukses membalikkan keadaan di leg kedua berkat hattrick Cristiano Ronaldo di Allianz Stadium.

Menurut pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, Juventus harus menampilkan permainan seperti leg kedua melawan Atletico Madrid. Allegri merasa hasil pada leg pertama tak memiliki arti di laga ini.

"Hasil leg pertama tidak masuk hitungan. Ini pertandingan sekali saja dan kami harus bermain dengan sikap yang sama seperti saat melawan Atletico. Kita harus sangat menghormati Ajax dalam pertahanan dan ketepatan dalam pergerakan kita," ucap Allegri melansir laman resmi klub.

Pada laga Rabu dini hari nanti, Juventus masih akan kehilangan bek andalannya, Giorgio Chiellini yang masih dibekap cedera. Selain itu, Mario Mandzukic diragukan tampil sejak menit awal. Namun pemain muda, Moise Kean, kemungkinan besar akan menjadi tandem Cristiano Ronaldo dan Paulo Dybala di lini depan.

Di kubu tim tamu, Ajax harus kehilangan Nicholas Tagliafico, menyusul koleksi kartu kuningnya telah melebihi batas. Hal paling patut dicemaskan Ajax adalah Frankie De Jong. Sang gelandang mengalami cedera di laga terakhir melawan Excelsior di Eredivisie.

Apabila bercermin pada hasil-hasil duel terdahulu, Juventus patut diunggulkan meraih kemenangan. Dalam lima kesempatan terakhir melawan Ajax di Turin, La Vechi Signora tak pernah kalah, 3 menang, 2 kali imbang. Terlebih, Juventus tak pernah kalah sejak 1974 dari Ajax.



Prakiraan Susunan Pemain

Juventus (4-3-3): Wojciech Szczesny; Joao Cancelo, Leonardo Bonucci, Daniele Rugani, Alex Sandro; Miralem Pjanic, Rodrigo Bentacur, Blaise Matuidi; Paulo Dybala, Cristiano Ronaldo, Mario Mandzukic. | Pelatih: Massimiliano Allegri.

Ajax (4-2-3-1): Andre Onana; Joel Veltman, Mathijs de Ligt, Daley Blind, Daley Sinkgraven; Lasse Schone; Frenkie de Jong; Hakim Ziyech; Donny van de Beek, David Neres, Dusan Tadic. | Pelatih: Erik ten Hag.

Prediksi Pertandingan

Menilik statistik pada leg pertama, Ajax diprediksi masih akan melakukan pendekatan laga dengan possesion tinggi. Hakim Ziyech harus diwaspadai oleh lini pertahanan Juventus. Gelandang asal Maroko itu mencatatkan 7 tembakan di leg pertama, beruntung, Wojciech Szczesny tampil gemilang.

Hampir seluruh pemain Ajax di leg pertama, setidaknya melepaskan satu tendangan, kecuali Daley Blind seorang. Selain itu, Ajax menjadi tim ketiga dengan jumlah tembakan tepat sasaran terbanya di UCL musim ini dengan 60 shots. Jumlah tersebut hanya kalah dari Barcelona (61) dan Manchester City (62).

Diprediksi, laga Juventus vs Ajax akan berlangsung tak jauh berbeda dengan leg pertama. Namun tuan rumah diyakini akan tidak akan menelan kekalahan jika menilik catatan 3 clean sheet dari 4 laga kandang UCL musim ini.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight