Prediksi Juventus vs AC Milan: Rekor Superior Bianconeri

Oleh: Gilang Ramadhan - 10 November 2019
Dibaca Normal 2 menit
Juventus diprediksi dapat mempertahankan puncak klasemen jika menilik rekor superior atas AC Milan.
tirto.id - Grande partita pekan 12 Serie A Liga Italia 2019/2020 antara Juventus vs AC Milan bakal hadir pada Senin (11/11/2019) pukul 02.45 bertempat di Allianz Stadium, Turin.

Juventus diprediksi dapat mempertahankan puncak klasemen jika menilik rekor superior atas AC Milan.

Dari 12 pertemuan terakhir antar kedua tim di semua ajang, tidak pernah berakhir imbang. Juventus memetik 10 kemenangan, sementara AC Milan hanya mampu 2 kali menang. 8 dari 10 Juventus diraih dalam 8 duel terakhir.

Total, La Vechia Signora telah menang 65 kali dari total 169 pertemuan kontra AC Milan di ajang Serie A, menderita 49 kekalahan, serta 54 kali bermain imbang.

Selain itu, Juventus arahan Maurizio Sarri memang belum terkalahkan sepanjang 11 pekan perdana Serie A musim ini.

Terakhir, mereka mampu menaklukkan Lokomotiv Moskwa di ajang Liga Champions. Namun, performa Bianconeri masih diragukan.

Pasalnya, 8 dari 9 kemenangan mereka di Serie A musim ini tidak pernah telak. Juventus hanya mampu mengungguli musuh-musuhnya dengan selisih 1 gol saja. Pun kerap laga harus ditentukan lewat gol-gol menit akhir.

"Milan mengawali musim ini dengan buruk, tapi mereka adalah tim bagus. Ini tidak akan mudah, kami harus bermain dengan intensitas yang berbeda dibanding laga Rabu lalu (vs Lokomotiv)," kata Maurizio Sarri dalam konferensi pers jelang laga.

"Kami belum mampu mendekati permainan kami sebenarnya. Bagaimanapun, ini akan menjadi renungan kekuatan kami dalam hal karakter yang mana dapat memimpin kami meraih kemenangan hingga akhir," imbuh Sarri.

AC Milan sendiri bertamu dengan modal buruk. Dari 4 laga terakhir di bawah asuhan Stefano Pioli, Rossoneri hanya mampu 1 kali menang dan telah 2 kali kalah. Mereka pun masih terseok di posisi 13 dengan koleksi 13 poin.

Rapor AC Milan kala mengunjungi Allianz Stadium juga buruk. Dari 8 lawatan terakhir ke stadion tersebut, Rossoneri selalu takluk atas Juventus.

Namun, Pioli menyebut laga ini merupakan tantangan sekaligus peluang terbaik AC Milan.

"Klasemen liga mengatakan kami jauh dari Juventus, tapi laga akan dimuali dengan skor 0-0. Kami harus percaya diri, ini merupakan tantangan sekaligus peluang terbesar bagi kami. Kami harus siap untuk bertarung," ucap Pioli dilansir dari laman resmi AC Milan.

"Semua itu membutuhkan kekompakan dalam menyerang. Kami butuh performa yang lebih baik dari yang sudah kami tampilkan, dengan konsentrasi lebih dan sedikit kesalahan. Kemenangan akan sangat berharga kami, itu akan membantu mental kami," imbuh eks pelatih Fiorentina itu.

Namun, AC Milan harus bermain tanpa Matteo Musacchio dan Samu Castillejo. Kabar baiknya, Suso dapat kembali dimainkan. Posisi Musacchio kemungkinan akan diisi oleh Leo Duarte.

Di kubu tuan rumah, Sarri dapat menurunkan skuat terbaiknya tanpa mengalami masalah. Matthijs De Ligt yang diistirahatkan di laga terakhir, diyakini bakal kembali menjadi sebelas pertama menggantikan Daniele Rugani.

Perkiraan Susunan Pemain

Juventus (4-3-1-2): Wojciech Szczesny; Juan Cuadrado, Leonardo Bonucci, Matthijs De Ligt, Alex Sandro; Aaron Ramsey, Miralem Pjanic, Blaise Matuidi; Douglas Costa; Gonzalo Higuain, Cristiano Ronaldo. | Pelatih: Maurizio Sarri.

AC Milan (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Davide Calabria, Leo Duarte, Alessio Romagnoli, Theo Hernandez; Lucas Paqueta, Ismael Bennacer, Rade Krunic; Suso, Krzysztof Piatek, Hakan Calhanoglu. | Pelatih: Stefano Pioli.

Prediksi Pertandingan

Pertandingan diprediksi akan berlangsung ketat. Juventus yang memiliki rata-rata 57 pertandingan penguasaan bola per laga, diprediksi akan sedikit lebih aktif dalam mendominasi permainan.

AC Milan sendiri memiliki persentase 54 persen possession ball per pertandingan.

Juventus masih kerap membiarkan lawan-lawannya mendapat peluang di dalam kotak penalti mereka sendiri.

54 persen tembakan yang diderita Juventus berasal dari area kotak penalti. Jumlah yang bahkan lebih buruk daripada milik AC Milan (50 persen).

Walaupun diyakini mampu memetik tiga poin, AC Milan tidak bakal mudah dikalahkan.

Apabila mampu mengurangi kesalahan-kesalahan sendiri di lini belakang dan efisien di lini serang, bukan tidak mungkin AC Milan mampu mendulang poin.


Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Gilang Ramadhan
Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight