EPL Premier League 2021/2022

Prediksi Juara Liga Inggris 2022: Jadwal Sisa Liverpool & Man City

Kontributor: Wan Faizal - 9 Mei 2022 19:40 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Prediksi juara Liga Inggris 2021/2022: Persaingan ketat Manchester City dan Liverpool di klasemen EPL.
tirto.id - Prediksi juara Liga Inggris 2021/2022 belum dapat dipastikan mengingat persaingan ketat Manchester City dan Liverpool di klasemen sementara. Melihat sisa jadwal England Premier League (EPL) yang akan mencapai pekan 37, kedua tim sama-sama berpeluang juara kendati City lebih diuntungkan lantaran unggul 3 poin dari The Reds.

Manchester City saat ini memimpin klasemen Liga Inggris 2021/2022 dengan koleksi 86 poin. Adapun Liverpool membuntuti di posisi 2 hanya dengan jarak 3 poin. Kedua tim saat ini sama-sama memiliki 3 pertandingan tersisa.

Wolverhampton Wanderers alias Wolves, West Ham, dan Aston Villa bakal menjadi lawan-lawan yang dihadapi The Citizens untuk meniti tangga juara. Sedangkan Liverpool akan menghadapi Aston Villa, Southampton, serta Wolves dengan harapan menang sembari berharap City terpeleset.

Jadwal Manchester City di 3 Laga Sisa EPL: Prediksi Juara Liga Inggris 2021/2022

Di atas kertas, Manchester City harusnya bisa mengatasi 3 lawan terakhir mereka musim ini, yakni Wolverhampton Wanderers, West Ham United, dan Aston Villa. Tapi bukan berarti City bakal dengan mudah melewati ketiga calon lawan itu.

Skuad asuhan Pep Guardiola harus hati-hati ketika melawat ke markas Wolves dan West Ham. Dalam 5 laga tandang terakhir ke kandang Wolves, City hanya meraih 2 kemenangan, 1 imbang, dan 2 kekalahan. Kondisi Wolves yang harus menang demi tiket ke Eropa juga bisa menjadi faktor lain yang bisa menyulitkan City.

Kemudian, bermain di kandang West Ham, City punya catatan bagus dengan raihan 4 kemenangan dan 1 imbang. Hanya saja musim ini West Ham sedang luar biasa. Tim besutan David Moyes juga butuh kemenangan untuk bersaing lolos ke kompetisi Eropa lagi musim depan.

Kans terbesar Manchester City untuk menang datang di laga terakhir, yakni ketika menjamu Aston Villa. Phil Foden dan kawan-kawan tercatat meraih 5 kemenangan dari 5 laga terakhir versus The Villans di Etihad Stadium.

Dibandingkan Liverpool, keuntungan bagi City adalah fokus mereka hanya akan tertuju pada sisa 3 laga tersebut. Beda halnya dengan The Reds yang harus membagi fokus dengan final Piala FA pada 14 Mei 2022 dan Final Liga Champions pada 29 Mei 2022.

Kendati begitu, Guardiola dipusingkan dengan masalah cedera pemain, terutama untuk sektor belakang City. Ruben Dias, Kyle Walker, dan John Stones dipastikan absen sampai akhir musim. Nathan Ake juga sedang bermasalah dengan cedera walau mungkin masih bisa berlaga kembali sebelum musim usai.

Artinya, tak banyak pilihan bagi Pep Guardiola di lini belakang. Saat ini Guardiola praktis hanya bisa berharap pada Joao Cancelo, Aymeric Laporte, dan Oleksandr Zinchenko. Fernandinho juga bisa menjadi diposisikan sebagai bek seperti pernah ia lakukan saat menghadapi Newcastle United beberapa waktu lalu.

"Ruben, Kyle, dan John akan absen sampai akhir musim. Nathan mengalami masalah lagi pada engkelnya dalam laga melawan Leeds dan mungkin akan absen di 2 laga berikutnya. Sekarang kami hanya punya Joao, Oleks, dan Aymeric," kata Guardiola.


Jadwal Liverpool di 3 Laga Sisa EPL: Prediksi Juara Liga Inggris 2021/2022

Liverpool sudah ditunggu Aston Villa, Southampton, dan Wolves di 3 pekan terakhirnya. Secara peluang, The Reds harusnya bisa meraih poin penuh dari ketiga laga tersebut.

Pertama, pasukan Jurgen Klopp harus bertandang ke Villa Park pada tengah pekan ini. Laga tersebut bisa dikatakan istimewa bagi Liverpool jika mengingat apa yang terjadi musim lalu, tepatnya ketika dihantam 7-2 di Villa Park.

Kekalahan itu memang sangat buruk bagi Liverpool. Namun di sisi lain, harusnya mereka bisa bangkit karena sebelum terjadi skor memalukan itu, Liverpool sempat meraih 6 kemenangan beruntun di kandang Villa khusus di EPL.

Menghadapi Southampton dalam laga tandang diperkirakan juga akan membuat Liverpool bekerja keras. Musim lalu, Liverpool kalah dengan skor tipis 1-0 di St. Mary's.

Peluang bagus The Reds datang di pekan terakhir versus Wolves. Liverpool dalam tren 4 kemenangan beruntun atas Wolves di Anfield. Situasi akan lebih mudah apabila di pekan terakhir nanti Wolves sudah meraih atau bahkan kehilangan tiket ke Eropa.

Liverpool tentu tak hanya harus menang di 3 laga terakhir. Mereka juga wajib berharap City kehilangan minimal 3 atau 4 poin. Jika City hanya kehilangan 3 poin, maka Liverpool juga perlu memperhatikan catatan selisih gol.

Bagaimana pun juga, Liverpool sudah bertekad berjuang hingga akhir. Masih melakoni laga Piala FA di tengah 3 laga tersebut juga enggan dijadikan alasan. Apalagi kedalaman skuad Klopp masih sangat bagus di fase terakhir musim ini.

"Kami tahu sedang bersaing dengan salah satu tim terbaik dunia. Kami juga paham jika kami kehilangan 1 poin saja, itu bisa berarti kami kehilangan peluang menjadi juara. Tapi kami pastikan akan berjuang hingga akhir," tutur Fabinho, gelandang Liverpool.


Kandidat Juara dalam Klasemen Liga Inggris 2021/2022

Tim M W D L GD Pts
Man City 35 27 5 3 89-21 / +68 86
Liverpool 35 25 8 2 87-23 / +64 83

Jadwal Tersisa Manchester City

12-05-2022, 02.15 WIB: Wolverhampton vs Manchester City
15-05-2022, 20.00 WIB: West Ham vs Manchester City
22-05-2022, 22.00 WIB: Manchester City vs Aston Villa

Jadwal Tersisa Liverpool

11-05-2022, 02.00 WIB: Aston Villa vs Liverpool
18-05-2022, 01.45 WIB: Southampton vs Liverpool
22-05-2022, 22.00 WIB: Liverpool vs Wolverhampton

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS 2021 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight