Prediksi Espanyol vs Barcelona 9 Desember 2018, Derbi Catalunya

Oleh: Fitra Firdaus - 8 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Bertarung demi mempertahankan puncak klasemen La Liga Spanyol, prediksi Espanyol vs Barcelona pada Minggu (9/12/2018) mengarah pada kemenangan tim tamu.
tirto.id - Pertandingan Espanyol vs Barcelona dalam lanjutan jadwal La Liga Spanyol pekan ke-15 digelar pada Minggu (9/12/2018) pukul 02.45 WIB. Tampil di Stadion RCDE dalam Derbi Catalunya, tim tamu bakal mendapatkan tantangan serius untuk mempertahankan puncak klasemen.

Barcelona memiliki 28 poin hingga pekan ke-14 La Liga Spanyol. Pasukan Ernesto Valverde memimpin, tetapi dengan selisih tipis satu angka dari Sevilla. Pergeseran posisi mungkin saja terjadi malam ini jika Barca ditahan Espanyol, sedangkan di laga lain Sevilla menaklukkan Valencia di Mestalla pada Sabtu (8/12).

Menjelang laga ini, para pemain inti Barcelona sudah menyimpan tenaga kala tim menyingkirkan Cultural Leonesa di Copa del Rey. Selain itu, tim asuhan Valverde tidak perlu membelah konsentrasi ke Liga Champions karena sudah pasti lolos sebagai juara grup.

Bisa fokus hanya ke laga ini bukan berarti Barca tanpa masalah. Rafinha, Sergi Roberto, Arthur. Samuel Umtiti, dan Malcom tengah cedera. Dengan demikian, di lini belakang, Clement Lenglet akan kembali diduetkan dengan Gerard Pique. Sementara di tengah, Arturo Vidal bisa masuk starting XI.

"Ini adalah derbi yang seimbang karena jarak tidak terlalu jauh antara kami. Selain itu, laga ini dimainkan dengan hati, dan sedikit dari kepala (berpikir)," kata Valverde dikutip Marca pada Jumat (7/12).

Ucapan Valverde tersebut tepat karena Espanyol saat ini memang ada di peringkat kesembilan di klasemen Liga Spanyol. Tetapi, dari segi angka, perbedaan Barca dan tuan rumah hanya 7 poin.

Selain itu, dalam enam pertandingan kandang, Espanyol mencatatkan lima kemenangan, meski pada Senin (26/11) lalu Los Periquitos tumbang 1-3 oleh Girona. Pelatih tuan rumah, Rubi menegaskan, timnya punya peluang menghadapi tim tamu yang musim ini sudah takluk 2 kali.

"Para pemain kami ingin menjadi tim (Espanyol) pertama dalam sejarah untuk mengalahkan Barcelona di Liga Spanyol di Stadion RCDE. Jika kami bermain seperti sebelum pertandingan Getafe dan Girona (di kedua laga itu Espanyol kalah), pertandingan bakal seimbang," kata Rubi dikutip Marca.



Perkiraan Susunan Pemain
Espanyol (4-3-3): Diego Lopez; Javi Lopez, David Lopez, Mario Hermoso, Didac Vila; Sergi Darder, Marc Roca, Esteban Granero; Hernan Perez, Borja Iglesias, Pablo Piatti

Barcelona (4-3-3): Marc Andre ter Stegen; Nelson Semedo, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Arturo Vidal; Lionel Messi, Luis Suarez, Philippe Coutinho

Prediksi Pertandingan
Sebelum laga, Ernesto Valverde memperkirakan, Espanyol tidak akan menerapkan taktik man-marking kepada Lionel Messi. Ia menuturkan, "Sejauh ini, saya belum melihat Rubi menggunakan sistem penjagaan individual, jadi saya tidak memperkirakan hal itu diterapkan kepada Messi."

Menyegel Messi penting untuk Espanyol karena nomor 10 Barcelona itu mencetak 9 gol dan mengirimkan 7 assist untuk timnya. Messi juga menjadi pengalir bola untuk para pemain depan Barca. Jika Espanyol mengorbankan satu-dua pemain untuk dia, maka ada kemungkinan tim tamu macet.

Meskipun demikian, ada risiko lain, yaitu Espanyol bisa terdesak oleh serangan-serangan dari sisi kiri yang menjadi wilayah Jordi Alba dan Philippe Coutinho. Tuan rumah layak memperhatikan, sebelum mereka menang 1-0 dari Cadiz di Copa del Rey, Espanyol kebobolan 8 gol dalam 3 laga.

Baca juga artikel terkait LA LIGA SPANYOL atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
Dari Sejawat
Infografik Instagram