Piala FA

Prediksi Chelsea vs Sheffield Wednesday: Higuain akan Main?

Oleh: Permadi Suntama - 26 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Gonzalo Higuain berpeluang besar melakoni debutnya di Inggris saat Chelsea bersua Sheffield Wednesday pada 32 besar Piala FA.
tirto.id - Chelsea akan menjamu Sheffield Wednesday di Stamford Bridge, pada babak 32 besar Piala FA, Senin (28/1/2019), pukul 01.00 WIB dini hari. Dalam laga tersebut, pemain anyar The Blues, Gonzalo Higuain berpeluang untuk menjalani debutnya di tanah Inggris.

Pemain yang dipinjam dari Juventus hingga akhir musim tersebut sudah berada di bench, dan menyaksikan rekan-rekan barunya menyingkirkan Tottenham Hotspur di babak semifinal Carabao Cup lewat drama adu penalti. Higuain diharapkan mampu mendongkrak performa lini serang Chelsea yang dalam beberapa laga terakhir irit mencetak gol.

"Kami tahu ia (Gonzalo Higuain) berasal dari liga di mana intensitasnya mungkin sedikit lebih rendah dari Liga Premier, tetapi kami berbicara tentang pemain yang mencetak tidak hanya di (kompetisi) Italia tetapi di mana-mana, dan di Liga Champions, kami berbicara tentang pemain top,” kata asisten manajer Chelsea, Gianfranco Zola, seperti dikutip laman resmi klub, Jumat (25/1/2019).

Kendati performa sang pemain di paruh pertama musim, bersama AC Milan tidak terlalu baik dengan hanya mencetak delapan gol di semua kompetisi, kehadirannya di barisan lini serang Chelsea akan membuat The Blues lebih garang di sisa kompetisi. Maurizio Sarri yang pernah bekerjasama dengan Higuain di Napoli diharapkan mampu mengembalikan ketajaman pemain berusia 31 tahun tersebut.


Sementara itu, kubu Sheffield Wednesday, yang berkompetisi di Championship Inggris, tidak sabar untuk menjalani pertandingan kontra Chelsea. Gelandang Sam Hutchinson, yang pernah menjadi bagian The Blues, hingga musim 2014, menyebut pertandingan melawan Chelsea di babak 32 besar Piala FA adalah pertandingan yang ia nantikan.

“Segera setelah undian [babak 32 besar] diumumkan, saya merayakan dan membangunkan putra kecil saya. Bukan hanya karena kami akan kembali ke Chelsea yang baik untuk keluarga saya, tetapi karena saya sudah bermain di setiap kelompok umur di sana,” kata Sam Hutchinson, seperti dikutip situs resmi Sheffield Wednesday, Jumat (25/1/2019).

Pemain berkebangsaan Inggris itu pun kemungkinan besar akan dimainkan oleh Steve Agnew untuk menekan kreativitas lini tengah Chelsea yang dikomandoi N’Golo Kante.

Perkiraan susunan pemain

Chelsea (4-3-3): Willy Caballero; Davide Zappacosta, Antonio Rudiger, Andreas Christensen, Marcos Alonso; N’Golo Kante, Ethan Ampadu, Matteo Kovacic; Pedro, Gonzalo Higuain, Callum Hudson-Odoi.

Sheffield Wednesday (4-2-3-1): Cameron Dawson; Liam Palmer, Tom Lees, Jordan Thorniley, Morgan Fox; Sam Hutchinson, Barry Bannan; Marco Mattias, Adam Reach, Lucas Joao; Atdhe Nuhiu.

Prediksi jalannya pertandingan

Chelsea yang baru saja memsatikan diri melaju ke final Carabao Cup, diprediksi akan tampil ngotot saat bertemu Sheffield Wednesday di Piala FA. The Blues yang saat berada di urutan ke-2 dalam urusan penguasaan bola (61,7%) di Liga Inggris diprediksi bakal menguasai jalannya pertandiongan.

Selain itu, dukungan supporter yang akan memenuhi Stamford Bridge akan memberi kekuatan tambahan untuk N’Golo Kante dan kawan-kawan. Sementara Sheffield Wednesday yang kini bercokol di peringkat 16 klasemen Championship akan lebih banyak menumpuk pemain di area permainannya sendiri.

Berdasarkan statistik dari whoscored, Sheffield Wednesday mencatatkan rerata penguasaan bola 48,5% per laga, dan mencetak 11,3 tembakan per laga dan menghasilkan 33 gol dari 28 pertandingan. Dalam hal bertahan, anak asuh Steve Agnew mencatat rerata 18,3 takel sukses per laga (terbaik ke-3) di Championship, dan 10,3 intersep di setiap pertandingan.

Baca juga artikel terkait PIALA FA atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Permadi Suntama
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
DarkLight