Piala FA 2019

Prediksi Chelsea vs Man United, Misi "Trofi Terakhir" Solskjaer

Oleh: Permadi Suntama - 17 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Tuan rumah lebih diunggulkan dalam prediksi Chelsea vs Manchester United di Piala FA pada Selasa (19/2/2019). Namun, ini adalah trofi terakhir yang mungkin diraih oleh pasukan Ole Gunnar Solskjaer musim ini.
tirto.id - Manchester United akan bertandang ke Stamford Bridge, markas Chelsea, pada babak 16 besar Piala FA, Selasa (19/2/2019) pukul 02.45 WIB. Tim tamu yang baru saja menderita kekalahan pertama di bawah manajer interim Ole Gunnar Solskjaer, dalam leg pertama 16 besar Liga Champions, akan tampil habis-habisan untuk memeroleh gelar yang paling mungkin diraih musim ini.

Kendati tampil moncer di Liga Inggris sejak diambil alih Solskjaer, menjuarai Liga Inggris terasa mustahil bagi Iblis Merah. Pasalnya, tiga tim di atas mereka, yaitu Manchester City, Liverpool, dan Tottenham tampil konsisten musim ini.

Gelar Liga Champions pun terasa berat, karena MU tumbang 0-2 atas PSG di Old Trafford dan harus menang dengan selisih 3 gol di Parc des Princes, Paris. Oleh karenanya, Piala FA menjadi trofi yang paling mungkin untuk diraih oleh Manchester United.

Manchester United mendapatkan respek dari David Luiz, pemain bertahan Chelsea. Menurutnya, pergantian manajer Iblis Merah, telah mengubah permainan Paul Pogba menjadi lebih berbahaya.

"Bahkan sebelum mereka [dilatih Solskjaer], tim tersebut sudah hebat dengan manajer hebat, Jose Mourinho. Ketika [terjadi pergantian manajer] menjadi Solskjaer, tim tampil luar biasa karena dia pelatih yang hebat dan juga dia memiliki pemain-pemain hebat. United telah memiliki tim yang sama sejak lama, mereka kini memahami filosofi [United] dan mencoba menikmatinya,” kata David Luiz, seperti dikutip laman resmi Chelsea.

Namun, bek berkebangsaan Brasil itu tetap yakin timnya akan mampu mengatasi perlawanan Iblis Merah dan melaju ke babak selanjutnya. Keyakinan itu memiliki alasan. Chelsea akan bermain di depan publik sendiri. Mereka baru menderita sekali kalah musim ini saat berlaga di Stamford Bridge. Selain itu, rekan-rekan Luiz sudah mulai memahami permainan yang diinginkan oleh Maurizio Sarri.

Sementara itu di kubu tamu, kekalahan atas PSG di Liga Champions membuat catatan tak terkalahkan Solskjaer terhenti. Selain itu, mereka tidak dapat diperkuat Jese Lingard dan Anthony Martial yang mengalami cedera.

“Saya benci kekalahan pertandingan dan sepertinya anak-anak juga demikian. Mereka [pemain] memang menurun [usai laga kontra PSG], tetapi tidak ada gunanya memikirkannya. Ada pertandingan besar melawan tim-tim bagus yang akan datang, jadi kami harus memulai lagi [segalanya] pada hari Senin [Selasa waktu Indonesia, melawan Chelsea],” kata Solskjaer, dikutip laman resmi MU.




Perkiraan Susunan Pemain
Chelsea (4-3-3): Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta, Antonio Rudiger, David Luiz, Marcos Alonso; N’Golo Kante, Jorginho, Ross Barkley; Pedro, Gonzalo Higuain, Eden Hazard.

Manchester United (4-3-1-2): Sergio Romero; Ashley Young, Chris Smalling, Phil Jones, Luke Shaw; Paul Pogba, Nemanja Matic, Ander Herrera; Juan Mata; Marcus Rashford, Romelu Lukaku.

Prediksi Pertandingan
Laga Chelsea vs Manchester United akan menjadi laga ulangan final musim lalu. Ketika itu Chelsea berhasil keluar sebagai pemenang dan menjuarai Piala FA.

Eden Hazard dan rekan-rekan juga memiliki modal bagus sebelum laga, setelah di pertandingan terakhir berhasil menumbangkan Malmo 0-1 di kandang lawan. Sebaliknya, Manchester United tumbang 0-2 atas PSG di Liga Champions.

The Blues yang di bawah pelatih Maurizio Sarri bermain dengan lebih banyak menguasai bola, diprediksi akan tetap menerapkan pola yang sama seperti biasa. Berdasarkan statistik Whoscored, di Liga Inggris, mereka memiliki rerata penguasaan bola 61,2% per laga, berbanding 54% per laga milik Iblis Merah.

Namun, Paul Pogba dan rekan-rekan lebih unggul dalam duel udara, di mana mereka rata-rata memenangi 18 duel per laga, berbanding 13,9 milik Chelsea.

Baca juga artikel terkait PIALA FA 2019 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Permadi Suntama