Prediksi Cagliari vs AS Roma: Tren Positif Rossoblu di Kandang

Oleh: Gilang Ramadhan - 8 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Cagliari vs AS Roma akan menjadi salah satu jadwal lanjutan Liga Italia Serie A 2018/2019 pekan 15 pada Minggu (9/12/2018).
tirto.id - Tuan rumah Cagliari akan menjamu lawan berat AS Roma dalam pertandingan lanjutan Liga Italia Serie A 2018/2019 pekan 15 di Stadion Sardegna Arena pada Minggu (9/12/2018) dini hari waktu Indonesia. Laga Cagliari vs AS Roma diprediksi akan berjalan ketat mengingat tuan rumah memiliki positif dengan belum terkalahkan di kandang pada musim ini.

Cagliari arahan Rolando Maran belum tersentuh kekalahan pada musim ini jika bermain di kandang sendiri. Dari enam partai kandang yang mereka jalani pada Serie A musim ini, pasukan Rolando Maran meraih dua kemenangan dan empat hasil imbang. Rossoblu juga mencatat clean sheet dalam tiga laga di antaranya serta telah menyarangkan 7 gol.

Kendati demikian, Cagliari untuk sementara masih menghuni papan tengah klasemen yakni peringkat 13. Rossoblu hanya terpaut 5 angka dari penghuni zona degradasi terdekat, Bologna yang mengoleksi 11 poin. Dalam lima pertandingan terakhir Serie A pun, mereka hanya meraih satu kemenangan, tiga hasil imbang dan sekali menelan kekalahan 1-3 dari Juventus.

Di pihak lawan, AS Roma juga tidak tampil memuaskan dalam lima pertandingan terakhir di Liga Italia. Pasukan Eusebio Di Francesco juga hanya sekali meraih kemenangan, tiga hasil imbang dan satu kali menelan kekalahan. Bahkan, kiper Giallorossi, Robin Olsen, belum mencatatkan satu pun cleansheet dari enam pertandingan tandang terakhir.

Untuk sementara, Giallorossi bertengger di peringkat 7 klasemen sementara dengan perolehan 20 poin dari 14 laga. Jumlah poin mereka sama seperti yang dimiliki Sassuolo dan Parma yang berada di bawahnya. Pada pertandingan terakhir pekan lalu, AS Roma hanya bermain imbang 2-2 melawan Inter Milan.

Masalah utama yang dihadapi AS Roma adalah badai cedera yang menerpa para pilar intinya. Edin Dzeko, Daniele De Rossi, Lorenzo Pellegrini dan Stephan El Shaarawy dipastikan tidak akan bermain. Menurut sang pelatih, Eusebio Di Francesco, hal lain yang lebih penting adalah bagaimana cara untuk memperkuat lini belakang mereka yang terlihat keropos.

“Kami harus melindungi lini pertahanan kami lebih baik, tetapi kami sedang mengusahakannya dan saya ingin tim meningkatkan dalam aspek tersebut di atas segalanya," ungkap Di Francesco.



Pendapat berbeda dikemukakan pelatih calon lawan, Rolando Maran. Menurutnya AS Roma tetaplah tim yang kuat dan dia juga mewanti-wanti anak asuhnya untuk tampil sempurna. Maran juga mengatakan tanpa kehadiran Edin Dzeko, AS Roma masih memiliki Patrik Schick yang menurutnya akan memberikan pengaruh kepada permainan Giallorossi.

"Kami haru bermain secara sempurna. Tanpa Dzeko, mereka akan memainkan bola ke kaki lebih banyak, tetapi Patrik Schick bisa berbahaya saat mengambil pria. Giallorossi membayar harga untuk awal musim yang sulit, tetapi sekarang telah menemukan permainan mereka kembali. Mereka bermain sangat baik dalam hasil imbang 2-2 dengan Inter dan masih memiliki pelatih semacam Eusebio Di Francesco," ungkap mantan pelatih Catania tersebut.

Kedua kesebelasan telah bertemu sebanyak 38 laga di mana AS Roma unggul jauh dengan 19 kemenangan, 10 hasil imbang dan hanya pernah 9 kali takluk dari Cagliari. Dalam lima duel terakhir, Giallorossi juga belum kalah dari Cagliari dengan rincian 4 kemenangan dan satu kali hasil imbang.

Jika hanya melihat rekor catatan pertemuan kedua kesebelasan, AS Roma jelas lebih diunggulkan. Akan tetapi, menilik performa kedua kesebelasan yang terlihat berimbang, diprediksi laga Cagliari vs AS Roma akan berakhir seri. Jika Roma tidak dapat memainkan 4 pilar utamanya, Cagliari hanya kehilangan Nicolo Barella yang menjalani hukuman akumulasi kartu kuning serta Lucas Castro yang didiagnosa menderita cedera ACL.

Lima Pertemuan Terakhir

07/05/2018 Cagliari vs AS Roma 0-1
17/12/2017 AS Roma vs Cagliari 1-0
23/01/2017 AS Roma vs Cagliari 1-0
29/08/2016 Cagliari vs AS Roma 2-2
08/02/2015 Cagliari vs AS Roma 1-2

Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Gilang Ramadhan
Dari Sejawat
Infografik Instagram