Piala AFC 2019

Prediksi Binh Duong vs PSM Makassar: Jaga Tren Positif

Oleh: Hendi Abdurahman - 19 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Laga semifinal Piala AFC 2019 zona ASEAN antara Binh Duong vs PSM Makassar yang digelar di Stadion Go Dao, Rabu (19/6/2019) mengarah pada hasil imbang.
tirto.id - Laga semifinal Piala AFC 2019 zona ASEAN leg pertama antara Binh Duong vs PSM Makassar akan tersaji di Stadion Go Dao, Vietnam, Rabu (19/6/2019) mulai pukul 16.30 WIB. Tak terkalahkan dalam lima pertandingan terakhirnya, Juku Eja diprediksi bakal mencuri poin.

Empat kemenangan beruntun sebelum ditahan imbang oleh TIRA Persikabo menunjukkan bahwa skuat asuhan Darije Kalezic mempunyai fokus yang cukup bagus. Padahal, Zulham Zamrun dan kawan-kawan harus bermain di tiga ajang berbeda yakni Piala Indonesia, Liga 1, dan Piala AFC.

Sempat bermasalah lantaran lini belakang yang cukup rapuh, PSM seolah menemukan formula yang tepat. Dalam lima laga terakhirnya itu, gawang PSM tak sekalipun kebobolan. Produktivitas memasukkan gol pun terhitung baik dengan mencetak 10 gol dalam lima pertandingan.

Kendati mempunyai catatan positif, pelatih PSM, Darije Kalezic tak ingin jemawa. Menurutnya, Becamex Binh Duong lebih diunggulkan untuk menang. Namun, pelatih yang menggantikan posisi Robert Alberts tersebut mencanangkan bakal berusaha untuk meraup poin dalam laga sore nanti.

“Becamex Binh Duong lebih difavoritkan menang karena mereka bermain di kandang sendiri. Tapi saya tegaskan PSM datang ke Vietnam untuk mencuri poin,” kata Darije.


Di sisi lain, Binh Duong yang lolos ke semifinal zona ASEAN dengan status runner-up terbaik Grup G usai mengalahkan Ceres Negros di partai pemungkas tengah percaya diri. Meski berada di peringkat 6 di liga domestik, fokus mereka sepenuhnya tertuju pada laga melawan PSM.

Pasalnya, putaran pertama Liga Vietnam baru saja rampung sehingga Wander Luiz dan kawan-kawan mempunyai persiapan yang cukup untuk meraih target kemenangan.

“Kami sudah ada di zona aman setelah putaran pertama liga. Ini membuat kami tenang karena bisa berkonsentrasi penuh untuk laga ini. Kami harus mencetak gol sebagai modal di leg kedua. Namun, kami juga harus mengeliminasi gol yang bersarang di gawang kami,” ucap pelatih Binh Duong, Nguyen Thanh Son.

Dalam lima pertandingan terakhir di berbagai ajang, Binh Duong meraih tiga kemenangan, sekali seri dan sekali kalah. Jika melihat rekor pertandingan tersebut, PSM diprediksi berpeluang besar untuk mencuri poin. Namun, melihat grafik tuan rumah yang sedang meningkat setelah menang dua kali beruntun, Juku Eja mesti waspada.

Perkiraan Pemain

Binh Duong: Tran Duc Cuong; Nguyen Trung Tin; Ali Rabo; Nguyen Thanh Long; To Van Vu; Victor Mansaray; Dinh Hoang Max; Nguyen Trong Huy; Doan Tuan Canh; Wander Luiz; Nguyen Anh Duc.

PSM Makassar: Rivky Mokodompit; Taufik Hidayat; Abdul Rahman; Aaron Evans; Asnawi Mangkualam; Marc Klok; Rizky Pellu; Zulham Zamrun; Wiljan Pluim; Guy Junior; Eero Markkanen.

Baca juga artikel terkait PIALA AFC 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight