Liga 1 2019

Prediksi Barito Putera vs Persipura: Menanti Pembuktian Jacksen

Oleh: Hendi Abdurahman - 22 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jacksen F. Tiago pada musim lalu hingga awal musim ini merupakan Pelatih Barito Putera.
tirto.id - Barito Putera bakal menjamu Persipura pada lanjutan Shopee Liga 1 2019 pekan 16 di Stadion Demang Lehman, Martapura, Jumat (23/8/2019) pukul 15.30 WIB. Meskipun bertindak sebagai tamu, Mutiara Hitam diprediksi akan bermain lepas guna meraup hasil maksimal.

Selain duel di lapangan, faktor Jacksen F. Tiago bakal menarik untuk dinantikan. Pasalnya, musim lalu hingga awal musim ini, pria asal Brasil itu merupakan nakhoda Barito Putera. Kini, dengan tim yang berbeda, Jacksen pun diperkirakan bakal membuktikan kemampuannya meracik strategi.

Namun, alih-alih berbicara tentang pembuktian, Jacksen lebih mementingkan performa skuadnya agar bisa kembali merebut poin seperti pada laga pemungkas melawan Borneo FC. Saat itu, Boaz Solossa dan kawan-kawan berhasil menahan imbang Pesut Etam dengan skor 1-1.

“Target saya tetap yang terbaik, semoga kita bisa menempatkan posisi Persipura di tempat yang lebih layak lagi, dan itu yang menjadi tujuan kita. Setiap saat kita bekerja dan berharap hasil yang maksimal dan terbaik dan tidak beda dengan laga lainnya,” ucap Jacksen.

Di lain pihak, Barito Putera dalam kondisi yang buruk. Dari tiga pertandingan termutakhir, skuad asuhan Yunan Helmi selalu menderita kekalahan, baik saat bertindak sebagai tuan rumah maupun tim tamu.

Kekalahan tersebut diperoleh masing-masing oleh TIRA Persikabo (2-4), PSM (2-1), dan Arema FC (2-1). Rentetan hasil minor itu membuat Laskar Antasari berada di posisi 14 dengan koleksi 12 poin hasil dari dua kali menang, 6 kali seri, dan tujuh kali kalah.

Sementara lawannya, Persipura, mulai menunjukkan grafik yang meningkat. Sempat kesulitan di awal musim, Mutiara Hitam mulai beranjak dari papan bawah dan bercokol di peringkat 10 dengan mengemas 17 angka. Hasil dari 4 kali menang, lima kali seri dan empat kali kalah.

Laga ini pun diperkirakan bakal menjadi pertandingan terakhir Yunan Helmi sebagai pelatih kepala Barito Putera. Pasalnya, manajemen Laskar Antasari telah meresmikan Djadjang Nurdjaman untuk melanjutkan perjuangan Barito Putera hingga akhir musim.

“Baru malam ini [Rabu malam] dapat direalisasikan,” tutur manajer Barito Putera, Hasnuryadi terkait kepastian Djanur sebagai pelatih baru.


Dengan kondisi tersebut, Yunan Helmi diprediksi bakal memberikan kemenangan sebagai kado terakhir dalam statusnya sebagai pelatih. Kendati demikian, hal itu tak akan mudah mengingat performa Persipura yang tidak terkalahkan dalam tiga laga terkini.

Perkiraan Susunan Pemain

Barito Putera: M. Riyandi; Nizar Nurzaidin, Donny Monim, Dandi Maulana, Rony Beroperay; Ady Setiawan, Evan Dimas, Gavin Kwan; Yakob Sayuri, Rizky Pora; Samsul Arif.

Persipura: Dede Sulaiman; Valentino Telaubun, Ricardo Salampessy, Yohanis Tjoe, Yustinus Pae; M. Tahir, Ian Kabes, Ibrahim Conteh, Oh In-kyun; Titus Bonai, Mamadou Samassa.


Baca juga artikel terkait PREDIKSI BARITO PUTERA VS PERSIPURA atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Ibnu Azis
DarkLight