Liga Champions 2019

Prediksi AS Roma vs Porto di Liga Champions, Duel Dzeko Lawan Pepe

Oleh: Fitra Firdaus - 12 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Tampil di Olimpico, tuan rumah berpeluang menang dalam prediksi AS Roma vs Porto di Liga Champions pada Rabu (13/2/2019).
tirto.id - Pertandingan AS Roma vs Porto di leg pertama 16 besar Liga Champions 2018/2019 digelar pada Rabu (13/2/2019) pukul 03.00 WIB. Tampil di Stadion Olimpico, laga ini akan menjadi duel antara penyerang andalan tuan rumah Edin Dzeko dengan bek veteran tim tamu Pepe.

AS Roma baru saja melewati salah satu periode terburuk musim ini. Mereka kalah 7-1 dari Fiorentina di Copa del Rey pada 31 Januari 2019 lalu. Namun, setelah itu, pasukan Eusebio Di Francesco merespons dengan imbang 1-1 kontra Milan dan mengalahkan tuan rumah Chievo 0-3.

Menjelang laga ini, Roma sadar pertahanan mereka cukup buruk. Catatan kebobolan 14 gol dalam 5 laga terakhir bagaimana pun juga tetap berbahaya untuk dibenturkan dengan Porto, yang dalam lima partai terakhir mencetak 8 gol.

"Kami butuh tangguh di pertahanan. Vital bagi kami untuk tidak kebobolan, meski kami tidak bisa menghalangi hasrat untuk menampilkan identitas dan gaya bermain tim," kata Di Francesco dikutip situs resmi UEFA.

Edin Dzeko akan menjadi senjata utama Roma, mengingat ia sudah mencetak 5 gol di penyisihan grup Liga Champions. Sang penyerang Bosnia juga membobol gawang lawan 3 kali dalam 4 laga terakhir.

Lawan yang dijumpai Roma adalah Porto, yang dalam lima pertandingan terakhir menjalani clean sheet dua kali. Klub Portugal juga memiliki Iker Casillas dan Pepe, yang memiliki setumpuk pengalaman di babak sistem gugur Liga Champions.

"Ini adalah laga 180 menit (dimainkan dua leg). Kami harus kompetitif dan cerdas. Kami harus tangguh dan konsisten. Tujuan kami adalah lolos ke perempat final," kata pelatih Porto, Sergio Conceicao.

Di babak penyisihan grup, Porto kebobolan 6 kali dalam 6 laga. Namun, grup mereka, yang diisi Lokomotiv Moskwa, Galatasaray, dan Schalke tidak lebih berat dibandingkan dengan grup yang dilalui Roma, tempat Gialorossi bersaing dengan Real Madrid, CSKA Moskwa, dan Viktoria Plzen.



Perkiraan Susunan Pemain
AS Roma (4-2-3-1): Antonio Mirante; Alessandro Florenzi, Kostas Manolas, Federico Fazio, Aleksandar Kolarov; Steven NZonzi, Daniele De Rossi; Justin Kluivert, Nicolo Zaniolo, Stephan El Shaarawy; Edin Dzeko

Porto (4-4-2):
Iker Casillas; Eder Militao, Felipe, Pepe, Alex Telles; Otavio, Danilo Pereira, Hector Herrera, Yacine Brahimi; Fernando, Tiquinho Soares

Prediksi Pertandingan
Edin Dzeko adalah penampil terbaik AS Roma di Liga Champions musim ini dengan nilai 8,49 versi Whoscored. Bukan cuma lima golnya yang penting. Ia juga menyumbangkan dua assist.

Sementara itu, Pepe datang ke Porto pada bursa transfer musim dingin, setelah tampil di Besiktas. Kala berlaga di Liga Eropa musim ini, sang bek tengah mendapatkan nilai 7,08.

Bicara tim, Roma masuk tujuh besar tim dengan jumlah tembakan terbanyak di Liga Champions dengan rerata 16,8 kali perlaga. Sebaliknya, Porto hanya 11,7 kali setiap pertandingan. Namun, urusan produktivitas, Roma lebih buruk dengan hanya 11 gol berbanding 15 milik tim tamu.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight