Pratikno Jadi Inspektur Upacara Pemakaman Tjahjo Kumolo di Kalibata

Reporter: Andrian Pratama Taher - 1 Jul 2022 14:58 WIB
Mensesneg Pratikno akan menjadi inspektur upacara pemakaman Tjahjo Kumolo di TMP Kalibata. Menkopolhukam Mahfud Md menjadi inspektur upcara di KemenpanRB.
tirto.id - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia, Jumat (1/7/2022). Menko Polhukam Mahfud MD dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno dijadwalkan akan menjadi inspektur upacara dalam rangkaian kegiatan pemakaman Tjahjo.

Sekretaris Jenderal Kementerian PANRB Rini Widyantini menegaskan bahwa jenazah Tjahjo akan dibawa ke kediaman rumah dinas di Jalan Widya Candra, Jakarta. Kemudian mendiang Tjahjo akan disalatkan di Masjid Kuba, Kementerian PANRB sebelum dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Jakarta.

"Rencananya hari ini akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata dan akan disembayangkan di masjid kuba di Kementerian PANRB," kata Rini kepada wartawan.

"Kami juga ingin menginformasikan yang akan menjadi irup (inspektur upacara) nanti di Kantor Menpan adalah bapak Menkopolhukam sebagai MenpanRB ad interim. kemudian yang menjadi irup di pemakaman Taman Makam Pahlawan adalah Menteri Sekretaris Negara," tuturnya.

Rini mengakui bahwa akan ada beberapa pejabat yang hadir dalam acara pemakaman Tjahjo. Akan tetapi, ia belum bisa memastikan nama-nama pejabat yang hadir. Ia pun mengatakan, Wakil Presiden Maruf Amin kemungkinan akan hadir dalam acara doa.

"Menunggu nanti karena ada bapak Wapres akan takziah. jadi kita masih menunggu," jelas Rini.

Rini pun memohon maaf kepada semua pihak atas kesalahan yang dilakukan Tjahjo. Ia pun berharap masyarakat mau mendoakan Tjahjo. "Saya mohon keikhlasan dan doa dari bapak Tjahjo," pungkas Rini.



Baca juga artikel terkait TJAHJO KUMOLO MENINGGAL atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Humaniora)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight