Prakerja 2021

Prakerja Gelombang ke-21 2021: Batas Pembelian Pelatihan Hari Ini

Oleh: Yonada Nancy - 21 Oktober 2021
Dibaca Normal 1 menit
Batas waktu pembelian pelatihan bagi penerima Kartu Prakerja gelombang 21 akan berakhir hari ini, 21 Oktober pukul 23.59 WIB.
tirto.id - Pembelian pelatihan pertama bagi penerima Kartu Prakerja gelombang 21 akan berakhir hari ini (21/10/2021) pukul 23.59 WIB.

Pelatihan pertama ini wajib dilakukan oleh seluruh penerima Kartu Prakerja untuk mempertahankan status kepesertaan.

Sesuai dengan kebijakan yang tercantum pada Permenko Perekonomian Nomor 11 Tahun 2021, penerima Kartu Prakerja wajib membeli pelatihan pertama dalam 30 hari setelah dinyatakan lolos seleksi Prakerja.

Apabila dalam waktu yang ditentukan penerima tidak membeli pelatihan, maka status kepesertaannya akan dicabut.

Penerima yang status kepesertaannya dicabut tidak dapat mengakses kembali saldo Prakerja, maupun menerima insentif. Selain itu, penerima yang dicabut kepesertaannya, akan di-blacklist dalam seleksi gelombang Prakerja selanjutnya.

Pembelian pelatihan dapat melalui sejumlah platform digital yang menjadi mitra Prakerja. Platform digital tersebut diantaranya Tokopedia, Bukalapak, Sisnaker, Kariermu, MauBelajarApa, Pintaria, hingga Pijar Mahir.

Penerima manfaat Kartu Prakerja dapat membelanjakan saldo non tunai sebesar Rp1.000.000 untuk membeli pelatihan.

Melansir Prakerja, tidak ada batasan jumlah pelatihan yang dapat dibeli oleh penerima Kartu Prakerja.

Penerima boleh membeli pelatihan sebanyak apapun selama saldo mencukupi. Namun, penerima hanya boleh membeli pelatihan kedua setelah selesai menyelesaikan pelatihan pertama.

Rekomendasi Pelatihan Prakerja


Berikut daftar rekomendasi pelatihan yang dapat dibeli oleh penerima Kartu Prakerja untuk membeli pelatihan pertama:

1. Membuat Desain Grafis Menggunakan CorelDraw

Pelatihan desain grafis ini diselenggarakan oleh LPKP Albar College Kabupaten Way Kanan, Lampung. Pelatihan ini bisa diikuti oleh semua kalangan mulai dari rentang usia 18 hingga 40 tahun.

Harga yang ditawarkan untuk pembelian pelatihan Desain Grafis ini adalah Rp500.000 dengan total 11 jam pelajaran. Penerima Kartu Prakerja dapat membeli pelatihan ini melalui platform Sisnaker atau link ini.

2. Menjadi Manajer Hubungan Masyarakat

Kelas online Menjadi Manajer Hubungan Masyarakat menawarkan materi ajar sebutar public speaking atau kemampuan berbicara di depan umum. Kelas yang diadakan oleh Arkademi ini memiliki durasi 7 jam dan terdiri atas 13 materi ajar.

Pelatihan Menjadi Manajer Hubungan Masyarakat dapat dibeli dengan harga Rp349.000 melalui platform Pintaria atau link ini.

3. Mengelola Keuangan untuk Menjadi Perencana Keuangan

Pelatihan mengelola keuangan ini diselenggarakan oleh Pakar. Pelatihan ini mengajarkan ilmu yang diperlukan untuk menjadi financial planner atau perencana keuangan. Durasi kegiatan pelatihannya selama 6 jam 45 menit.

Kelas mengelola keuangan dapat dibeli seharga Rp300.000 melalui Tokopedia atau link ini.

4. Belajar Membuat Website E-Commerce menggunakan WordPress

Pelatihan ini mengajarkan peserta untuk membuat website e-commerce yang belum memiliki kemampuan IT. Tujuan utama pelatihannya agar peserta dapat berkarier menjadi desainer website, website developer, hingga menjual jasa pembuatan website.

Kelas diselenggarakan lembaga pelatihan Pakar dalam durasi 360 menit. Penerima Prakerja yang tertarik mengikuti pelatihan dapat membelinya melalui Bukalapak atau link ini.

5. Membuat Aneka Roti Kering Denmark

Kelas memasak yang diselenggarakan oleh BakingWorld ini mengajarkan peserta membuat roti kering denmark.

Pelatihan yang diajarkan mulai dari memilih dan menilai kualitas bahan, mengombinasikan bahan, penggunaan peralatan, dan membuat roti kering denmark atau danish bread.

Kelas akan berlangsung dalam durasi 419 menit dengan empat materi pembelajaran. Pelatihan dapat dibeli dengan harga Rp500.000 melalui Pijar Mahir atau link ini.


Baca juga artikel terkait KARTU PRAKERJA 2021 atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight