Prakerja Gelombang 4: Jadwal, Cara Daftar Online dan Syarat Dokumen

Oleh: Yantina Debora - 28 Juli 2020
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal pendaftaran program kartu Prakerja Gelombang 4, syarat yang harus dipenuhi dan juga cara daftar secara online melalui prakerja.go.id.
tirto.id - Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 4 rencananya akan dibuka pekan ini atau pekan terakhir Juli 2020 melalui portal resmi prakerja.go.id.

Hal itu disampaikan Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono dalan konferensi pers virtual 13 Juli 2020.

Pembukaan pendaftaran kartu Prakerja gelombang 4 ini usai Presiden Joko Widodo meneken Perpres 76/2020 yang mengatur sejumlah ketentuan baru dalam program Kartu Prakerja.

Perpres itu memuat tambahan pasal tentang tuntutan pidana bagi siapa saja yang memalsukan data sekaligus tidak berhak mendapatkan kartu Prakerja.

Dalam penerimaan program Kartu Prakerja gelombang 4 ini juga pemerintah akan memprioritaskan mereka yang telah terkonfirmasi sebagai korban PHK dan dirumahkan sampai pelaku UMKM yang usahanya terdampak COVID-19.

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4

Bagi Anda yang ingin melakukan pendaftaran, terdapat persyaratan dokumen yang dibutuhkan yakni KTP dan foto selfie sambil memegang KTP. Syarat lainnya yakni memiliki e-mail yang aktif atau nomor ponsel dan lulus Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar.

Terdapat beberapa ketentuan dari syarat swafoto untuk pendaftaran program Kartu Prakerja. Pertama, seluruh bagian muka tampak lurus menghadap kamera.

Kedua, atur kecerahan foto agar tak terlalu gelap atau tidak terlalu terang. Ketiga, jangan gunakan kacamata saat swafoto. Keempat, Jangan menggunakan topi atau penutup kepala, kecuali jilbab atau hijab.

Kelima, pastikan wajah tak tertutup rambut. Keenam, jangan menggunakan masker saat swafoto agar wajahnya terlihat jelas.

Ketujuh, atur pencahayaan foto agar tidak ada bayangan di background. Kedelapan, ambil foto dalam posisi potrait dan bukan landscape dan terakhir, ambil foto dengan latar belakang polos.

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 4

Jika persyaratan telah disiapkan, berikut tahapan pendaftaran Prakerja dengan membuat akun di prakerja.go.id:

1. Silahkan masukkan ke situs pendaftaran di https://www.prakerja.go.id/
2. Masukkan nama lengkap, e-mail yang masih aktif dan kata sandi baru
3. Cek e-mail dari Panitia Prakerja dan ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun e-mail.
4. Setelah konfirmasi akun e-mail berhasil, kembali ke situs prakerja.go.id.

Setelah membuat akun, berikut cara daftar program Kartu Prakerja:

1. Login akun yang sudah didaftar dengan Klik Daftar Kartu Prakerja.
2. Isi formulir pendaftaran (nama, e-mail, alamt tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP dan foto selfie dengan KTP)
3. Klik Selanjutnya.
4. Masukkan nomor telepon yang masih aktif dan kode OTP yang dikirim melalui SMS
4. Lakukan Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar. Siapkan alat tulis dan kerja bila diperlukan.
5. Tunggu e-mail pemberitahuan dari Kartu Prakerja setelah menyelesaikan tes.
6. Setelah mendapat e-mail pemberitahuan, kembali ke situs dan gabung ke gelombang pendaftaran.

Syarat agar lolos program Prakerja gelombang 4, pelamar harus lolos beberapa layer verifikasi data, mulai dari verifikasi email, nomor ponsel, NIK, usia, riwayat pendidikan, sampai facial recognition melalui foto selfie yang telah dilakukan masing-masing peserta.

Pastikan data dan syarat swafoto sudah sesuai dengan imbauan dari tim penyelenggara Program Kartu Prakerja.

Cara Cairkan Insentif Kartu Prakerja Gelombang 4

Peserta yang lolos Prakerja gelombang 4 akan menerima manfaat yakni Rp3.550.000 dengan rincian sebagai berikut: Bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta, insentif usai pelatihan sebesar Rp600.000 per bulan (untuk 4 bulan), insentif survei kebekerjaan sebesar Rp50.000 per survei (3 kali survei) atau total Rp150.000 per peserta.

Pencarian insentif Kartu Prakerja bisa melalui BNI, OVO, Gopay dan LinkAja. Insentif yang dikirim ke mitra pembayaran ini bisa dicairkan ke rekening Anda.

Cara mencairkan melalui Gopay yaitu:

1. Buka aplikasi Gojek

2. Klik menu “Bayar” pada menu Gopay di aplikasi Gojek

3. Pilih “Transfer instan ke rekening baru”, lalu pilih bank tujuan

4. Masukkan nomor rekening bank Anda

5. Klik “Verifikasi”, lalu akan muncul secara otomatis pemilik nomor rekening yang Anda masukkan. Klik “Lanjut”.

6. Masukkan jumlah nominal saldo yang akan dikirimkan. Pastikan jumlah nominal pengiriman saldo sudah benar. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan PIN.

7. Jika saldo telah terkirim, Anda akan melihat rincian transfer yang telah dilakukan. Untuk setiap pengiriman saldo GoPay, akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp2.500.

Sementara untuk mencairkan dana Program Kartu Prakerja melalui OVO, para pendaftar program Kartu Prakerja harus memasukkan nomor ponsel aktif yang telah terdaftar dalam OVO pada saat registrasi. Sementara itu, akun OVO juga harus menjadi akun OVO premier.

Apabila akun telah terverifikasi menjadi akun OVO Premier, Anda dapat mengirimkan uang insentif pada rekening Anda menggunakan cara sebagai berikut:

1. Masuk ke aplikasi OVO, pilih menu transfer

2. Pilih bank yang dituju

3. Ketik nomor rekening dan nominal uang yang akan ditransfer. Akan dikenakan biaya transfer sebesar Rp2.500 untuk sekali pengiriman uang menuju rekening bank.

Bagi pengguna LinkAja, untuk melakukan transfer dana insentif Kartu Prakerja ke rekening bank para peserta diharuskan memiliki akun LinkAja full service.

Buka aplikasi LinkAja, lalu pilih menu “Kirim Uang” pada bagian kiri atas. Untuk membuat akun menjadi full service, ikuti langkah-langkah yang ada di dalam aplikasi. Anda membutuhkan KTP untuk difoto dan mengambil foto selfie dengan membawa KTP.

Untuk melakukan transfer ke rekening bank melalui LinkAja, ikuti langkah berikut:

1. Buka aplikasi LinkAja, lalu pilih menu “Kirim Uang”

2. Pilih menu transfer ke rekening bank

3. Isi kan data yang diperlukan termasuk memilih bank yang akan dituju dan nominal yang dikirimkan.

Biaya admin yang dikenakan untuk setiap kali transfer sebesar Rp6.500 pada bank selain BNI, BRI, Bank Mandiri, dan BTN.


Baca juga artikel terkait KARTU PRAKERJA atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight