Pilpres 2024

Prabowo Siap Kembali Jadi Capres di 2024

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 8 Agu 2022 19:30 WIB
Dalam acara Rapimnas, Kader Gerindra akan meminta kesediaan Prabowo untuk berlaga kembali pada Pilpres 2024.
tirto.id - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyatakan siap maju kembali menjadi calon presiden (capres) 2024. Kesiapan itu disampaikannya bila diminta oleh kader saat Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Gerindra pada medio Agustus 2022.

"kita tunggu dari hasil Rapimnas nantinya seperti apa, namun apabila nanti saya diminta untuk kembali mengabdi pada rakyat tentu akan saya terima dan tidak perlu ada yang dicemaskan," ujar Prabowo di Gedung KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (8/8/2022).

Prabowo menyebut Rakernas Gerindra akan dihelat pada 12 Agustus 2022. Sedangkan pada 13 Agustus atau keesokan harinya akan digunakan untuk mendeklarasikan koalisi Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Tanggal 12 kita akan lakukan Rapimnas Gerindra dan Insyaallah kalau lancar semua di tanggal 13 kita akan bertemu lagi," jelas dia.

Menanggapi tanggal deklarasi tersebut, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar tidak ingin berkomentar banyak dan lebih meminta publik menunggu segala keputusan yang terjadi. Termasuk mengenai nama capres dan cawapres dari koalisi tersebut.

"TTM ya, Tunggu tanggal mainnya," jelas Muhaimin.

"Tanggalnya kapan? Silakan tunggu saja," pungkasnya.

PKB sebelumnya menggaungkan koalisi semut merah bersama PKS. Namun belakangan bangunan koalisi itu retak seiring hadirnya Gerindra. Saat ini sudah ada satu poros yang sudah tercipta yakni Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), terdiri atas PPP, Golkar dan PAN.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2024 atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight