Prabowo-Sandiaga Kalah Telak di TPS Keluarga Cendana

Oleh: Husein Abdulsalam - 17 April 2019
Di TPS 02 Gondangdia, Prabowo-Sandi memperoleh suara hanya sebesar 75. Angka itu terpaut jauh dari Jokowi-Ma'ruf yang memperoleh 147 suara.
tirto.id - Paslon nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga kalah telak di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 02 Gondangdia yang terletak di kawasan kediaman keluarga Presiden ke-2 RI, Seoharto, di Jalan Cendana, Jakarta Pusat.

Pasangan calon nomor urut 02 ini memperoleh suara hanya sebesar 75. Angka itu terpaut jauh dari Jokowi-Ma'ruf yang memperoleh 147 suara.

Lima anak dan sejumlah cucu Soeharto menggunakan hak pilihnya di TPS ini. Kelimanya antara lain Hutomo Mandala Putra, Sigit Harjojudanto, Siti Hardiyanti Hastuti Rukmana, Siti Hediati Hariyadi, dan Siti Hutami Endang Adiningsih.

Pada Pemilu 2019, anak keenam Soeharto, Hutomo Mandala alias Tommy Seoharto didapuk, sebagai Ketua Umum DPP Partai Berkarya. Kakak dan adiknya juga turut sebagai kader Berkarya. Sedangkan Berkarya mendukung Prabowo-Sandiaga.

Di TPS ini, terdapat 288 Daftar Pemilih Tetap (DPT). Total pemilih sebanyak 224. Total suara sah Pilpres 2019 sebanyak 222 surat suara dan tidak sah berjumlah 2 suara.

Hasil ini tak jauh beda dengan Pilpres 2014. Saat itu, keluarga Cendana menggunakan hak pilihnya di TPS 01 Gondangdia yang terletak Jalan Tanjung No 8, tidak jauh dari Jalan Cendana. Di TPS ini, Jokowi-JK unggul dengan perolehan suara sebesar 314 suara. Sedangkan Prabowo-Hatta mendapatkan 215 suara.





Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Husein Abdulsalam
(tirto.id - Politik)

Reporter: Husein Abdulsalam
Penulis: Husein Abdulsalam
Editor: Abdul Aziz
DarkLight