Prabowo-Sandi Luncurkan Rumah Siap Kerja untuk Atasi Pengangguran

Oleh: Alexander Haryanto - 16 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Rumah Siap Kerja memiliki fasilitas pencarian lapangan kerja yang akan dihubungkan dengan banyak situs pemerintah dan swasta.
tirto.id - Cawapres Sandiaga Uno mengatakan, ia dan Prabowo Subianto memiliki program untuk mengurangi pengangguran di Indonesia. Salah satu program itu, kata Sandi, adalah Rumah Siap Kerja.

"Rumah Siap Kerja membuka kesempatan bagi seluruh pihak untuk bekerja sama termasuk dari sektor swasta untuk meluaskan sayap Rumah Siap Kerja," kata Sandi di Rumah Siap Kerja, Jalan Wijaya I Nomor 26, Jakarta Selatan, Sabtu (16/3/2019), melalui keterangan resmi.

Rumah Siap Kerja itu memiliki beberapa fasilitas seperti pencarian lapangan kerja yang akan dihubungkan dengan banyak situs pemerintah dan swasta untuk para pencari kerja, pelatihan-pelatihan yang sesuai dengan minat dan bakat serta keadaan pasar saat ini.

"Ada pelatihan pembuatan kopi dan menjadi barista kopi, pelatihan minat dan bakat desain grafis dan sosial media konten yang positif, pelatihan makanan ringan dan packaging yang menarik dan sehat serta tidak lupa, Rumah Siap Kerja menyediakan pelatihan khusus bagi para kaum muda difable yang mencari pekerjaan serta pelatihan," kata Sandi.

Menurut Sandi, Rumah Siap Kerja akan melibatkan banyak unsur masyarakat seperti komunitas Jakarta Berlari, Gerakan Milenial Indonesia, Gerakan OK OCE Indonesia serta seluruh gerakannya di Indonesia.

Ia juga berharap Rumah Siap Kerja bisa menjadi sarana untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman, serta memberikan jaringan dan akses terhadap beasiswa-beasiswa nasional dan internasional.

Menurut Sandi, ada perbedaan OK OCE dan Rumah Siap Kerja. Ia mengatakan, OK OCE adalah program penciptaan lapangan kerja untuk mereka yang ingin berwirausaha. Program ini juga sempat dikampanyekan Sandiaga di Pilgub DKI Jakarta.

Sementara Rumah Siap Kerja, kata Sandi, adalah program dan fasilitas untuk mempermudan anak-anak muda mencari pekerjaan, memberikan bimbingan karir, minat dan bakat serta mempersiapkan mereka menjadi angkatan kerja yang inovatif, kreatif dan tangguh untuk menghadapi tantangan dunia kerja.

Isu ketenagakerjaan ini akan menjadi tema debat Cawapres yang digelar besok, Minggu (17/3/2019). Debat ini akan diikuti oleh dua kandidat Cawapres Maruf Amin dan Sandiaga Uno. Selain isu ketenagakerjaan, debat ini juga akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan serta sosial dan budaya.

Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Politik)

Sumber: Siaran Pers
Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Agung DH