PPDB Kota Bogor 2021 SMP Zonasi: Cara Daftar Ulang dan Jadwalnya

Penulis: Ibnu Azis, tirto.id - 13 Jul 2021 07:59 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Kunjungi kotabogor.siap-ppdb.com untuk melakukan daftar ulang atau lapor diri online PPDB Kota Bogor 2021 jenjang SMP jalur Zonasi yang dibuka hari ini.
tirto.id - PPDB SMP Kota Bogor 2021 jalur pendaftaran Zonasi telah memasuki tahapan daftar ulang. Pendaftaran ulang calon peserta didik baru (CPDB) yang dinyatakan diterima dilaksanakan secara online pada tanggal 13-14 Juli 2021.

Adapun proses daftar ulang tersebut berlangsung melalui laman kotabogor.siap-ppdb.com sesuai dengan jenjang pendidikan dan jalurnya. CPDB dapat melakukan pendaftaran ulang mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB pada tanggal yang telah ditetapkan.

Dikutip dari petunjuk teknis (juknis) PPDB Kota Bogor Tahun 2021, CPDB yang dinyatakan diterima wajib melakukan daftar ulang dengan menyerahkan persyaratan ke sekolah penerima. Dan, apabila sampai dengan jadwal yang telah ditetapkan tidak melakukan daftar ulang dinyatakan mengundurkan diri.

“Daftar ulang dilakukan dengan tetap memperhatikan SOP pencegahan penyebaran COVID-19,” tulis Wali Kota Bogor, Bima Arya, dalam juknis tersebut diteken 18 Mei 2021. Sementara untuk teknis pelaksanaan daftar ulang diatur oleh masing-masing satuan pendidikan.

Sebelum melakukan daftar ulang, CPDB harus dinyatakan telah diterima dalam seleksi PPDB Kota Bogor. Adapun jenjang pendidikan SMP jalur pendaftaran Zonasi untuk pengumuman hasil seleksi telah disiarkan secara online pada Senin, 12 Juli kemarin mulai pukul 08.00 WIB.

Berikut cara cek pengumuman PPDB Kota Bogor 2021 jalur pendaftaran Zonasi melalui laman kotabogor.siap-ppdb.com:

1. Kunjungi laman kotabogor.siap-ppdb.com

2. Pilih menu jenjang pendidikan “SMP” jalur pendaftaran “Zonasi”

3. Pilih menu “Seleksi”

4. Klik menu “Pilih Sekolah”

5. Muncul pop up daftar sekolah, pilih SMP tujuan, misalnya, “SMP NEGERI 1 KOTA BOGOR”

6. Daftar nama siswa/siswi yang dinyatakan lulus seleksi ditampilkan

Setelah CPDB dipastikan lulus seleksi, tahapan berikutnya yaitu lapor diri atau daftar ulang. Berikut cara melakukannya secara online melalui laman kotabogor.siap-ppdb.com:

1. Kunjungi laman kotabogor.siap-ppdb.com

2. Pilih menu jenjang pendidikan “SMP” jalur pendaftaran “Zonasi”

3. Pilih menu “Lapor”

4. Jika semua proses daftar ulang sudah dilakukan klik menu “Cetak Lapor Diri”

Selain Zonasi, Kota Bogor dalam PPDB SMP 2021 juga membuka jalur lain, yaitu Afirmasi dan Anak Berkebutuhan Khusus, Perpindahan Tugas Orang tua/Wali, Maslahat Guru dan Tenaga Kependidikan, Jalur Istimewa Tenaga Medis dan Paramedis Covid-19, Prestasi Akademik dan Non Akademik, serta Prestasi Nilai Rapor.

Adapun kelima jalur pendaftaran tersebut telah tuntas agendanya yang ditandai dengan berakhirnya tahapan daftar ulang luring pada 1-2 Juli 2021 lalu.


Baca juga artikel terkait PPDB KOTA BOGOR 2021 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Yantina Debora

DarkLight