Polri Terima Aduan Penipuan Tiket Coldplay, Kerugian Rp1,3 M

Reporter: Muhammad Naufal, tirto.id - 16 Nov 2023 10:00 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Polres Metro Jakarta Pusat menerima laporan masyarakat terkait dugaan penipuan penjualan 400 tiket Coldplay dengan total kerugian mencapai Rp 1,3 miliar.
tirto.id - Polres Metro Jakarta Pusat menerima laporan masyarakat terkait dugaan penipuan penjualan 400 tiket Coldplay-band asal Inggris- dengan total kerugian mencapai Rp 1,3 miliar.

"Kami juga telah menerima laporan beberapa masyarakat terkait dengan penipuan dari (pembelian) tiket Coldplay ini, kurang lebih total kerugian Rp 1,3 miliar," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro dalam keterangannya, Kamis (16/11/2023).

Ia menyebutkan, ada beberapa modus penipuan yang dilakukan oleh pelaku. Salah satunya, calon penonton membeli tiket Coldplay dari seseorang. Lalu, pihak penjual itu mencoba mencari tiket Coldplay dari pihak lainnya.

Namun, kata Susatyo, pelaku tak kunjung mendapatkan tiket tersebut. Dengan demikian, pihak pembeli berujung tak dapat melihat konser band tersebut.

"Modusnya adalah masyarakat memesan kepada yang bersangkutan. Kemudian, dia [pelaku] berusaha mencarikan. Namun, sampai dengan hari H belum ada tiket yang bisa diberikan kepada pemesan tersebut," ucap dia.

Susatyo tak mengetahui apakah tiket yang dijual para pelaku penipuan memiliki harga yang lebih murah daripada harga tiket asli. Ia mengaku kepolisian masih akan menyelidiki hal itu lebih lanjut.

Di satu sisi, Susatyo meyakini bahwa kepolisian akan mengusut kasus penipuan tiket Coldplay.

"Pasti kami akan memeriksa dan mengklarifikasi kepada korban-korban tersebut," tuturnya.

Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Metro Jakarta Pusat bersama panitia konser Coldplay juga menyiapkan posko bagi masyarakat yang ingin melaporkan terkait pemalsuan tiket konser Coldplay atau bentuk penipuan lainnya.

Kepolisian dan panitia juga menegaskan, pihaknya akan menyelesaikan jika ada kasus penipuan tiket konser ataupun pindai kode batang (scan barcode) yang tidak berfungsi.

Sebelumnya, sebuah unggahan sedang tren di media sosial X terkait aksi penipuan tiket konser Coldplay.

Dalam unggahan tersebut berisi tentang seorang wanita berinisial GDA melakukan penipuan terhadap calon penonton dengan modus menjual tiket konser.

"Dear All costumer, dan customer saya pribadi, mohon maaf sebesar-besarnya atas kejadian yang menimpa kita semua hari ini. Saya menginfokan teman-teman semua bahwa 'supplier' kami Ghisca Debora Aritonang telah melakukan 'scam'/penipuan terhadap kita dengan modus penjualan tiket konser 'compliment'," tulis tayangan yang diunggah dalam akun X tersebut, dikutip Antara.


Baca juga artikel terkait HARGA TIKET COLDPLAY atau tulisan menarik lainnya Muhammad Naufal
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Muhammad Naufal
Penulis: Muhammad Naufal
Editor: Reja Hidayat

DarkLight