Polri Sudah Mengidentifikasi 39 Jenazah Ledakan Pabrik Kembang Api

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 8 November 2017
Dibaca Normal 1 menit
Sebanyak 39 jenazah korban ledakan gudang kembang api Kosambi sudah teridentifikasi. Jumlah korban yang belum teridentifikasi tersisa enam jenazah.
tirto.id - Tim Disaster Victims Identification (DVI) Polri sudah mengidentifikasi sebanyak 39 dari total 45 jenazah korban kebakaran dan ledakan gudang kembang api di Kosambi, Tangerang pada Kamis (26/10/2017) lalu.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Nico Afinta berharap keluarga yang merasa kehilangan anggotanya untuk segera mendatangi Rumah Sakit Bhayangkara Kramat Jati, Jakarta Timur.

Kombes Nico juga menyatakan bahwa jumlah korban yang belum teridentifikasi tersisa enam jenazah.

“Sehingga sisanya enam jenazah,” kata Kombes Nico di Jakarta, Rabu (8/11/2017), seperti dikutip Antara.

Selain itu, Kombes Nico juga mengimbau bagi para keluarga untuk segera mendatangi rumah sakit agar tim DVI bisa memeriksa kesesuaian data antemortem dan DNA mereka.

Nico menambahkan, penyidik Polda Metro Jaya dan tim identifikasi Laboratorium Forensik kini juga sudah melakukan rekonstruksi dengan menghadirkan para saksi di tempat kejadian perkara guna menyesuaikan keterangan.

Meski begitu, Nico mengaku bahwa keberadaan dari tukang las Subarna Ega yang telah ditetapkan tersangka belum diketahui. Polisi belum bisa memastikan Subarna termasuk korban meninggal dunia atau tidak. Polisi masih mencari dan mencocokkan data-data keluarganya.

Sementara itu, penyelidikan kasus kebakaran gudang kembang api di Kosambi, Tangerang ini telah sampai pada tahap pemeriksaan pada 23 saksi dan tiga tersangka. Ada pun dua orang yang telah ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka adalah Indra Liyono, pemilik gudang kembang api PT Panca Buana Cahaya Sukses dan Andria Hartanto, selaku Direktur Operasional perusahaan.

Kebakaran yang terjadi di pabrik pembuat kembang tersebut menewaskan 49 orang, dengan rincian 47 orang meninggal dunia akibat terjebak di dalam pabrik dan 2 lainnya meninggal setelah sempat mendapat perawatan medis.

Sementara 46 orang lainnya mengalami luka bakar serius akibat ledakan petasan yang membakar hampir seluruh bagian pabrik dan kendaraan di sekitar.

Baca juga artikel terkait LEDAKAN PABRIK KEMBANG API atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Nicholas Ryan
Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight