Polri Klaim Anggaran Promosi Akun Medsos Rp2,6 M Sudah Diaudit

Oleh: Adi Briantika - 27 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Polri mengatakan tender jasa promosi akun medsos senilai Rp2.705.920.000 sudah diaudit dan dimenangkan oleh PT RAM Communication.
tirto.id - Mabes Polri melelang 'Pengadaan Jasa Kegiatan Perluasan Jaringan Media Sosial atau Promote Akun Divhumas Polri TA 2020'. Hal itu tercantum dalam informasi tender sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

Nilai pagu paket lelang Rp2.705.920.000 dan dimenangkan oleh PT RAM Communication. Karopenmas Mabes Polri Brigjen Pol Argo Yuwono mengatakan anggaran itu sesuai dengan kegiatan.

"Semua anggaran yang digunakan sesuai dengan kegiatan, terencana sesuai dengan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA)," ucap Argo ketika dihubungi, Rabu (26/2/2020). Dana itu telah diaudit secara internal oleh Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) Polri maupun oleh pihak eksternal yakni Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Nantinya vendor akan melakukan sosialisasi akun Polri dari tingkat Mabes hingga Polres. Ketika ditanya penentuan dasar anggaran hingga menyentuh Rp2,7 miliar, jawaban Argo tak sesuai dengan substansi. "Kamu digaji oleh Tirto sebesar itu dasarnya apa?" ujar dia.

Sementara itu, Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra mengatakan kegiatan promosi akun resmi media sosial Polri bertujuan mengembangkan kegiatan kepolisian.

"Bertujuan untuk mengamplifikasi kegiatan Polri, seperti kegiatan operasional, kegiatan humanis, maupun kegiatan lain supaya masyarakat mendapatkan informasi dan sekaligus pesan-pesan kamtibmas yang bersifat edukatif," kata Asep.

Pelelangan dilakukan secara resmi sesuai dengan prosedur, serta termasuk program Polri bidang manajemen media online dan media sosial.

Asep melanjutkan, lelang itu sendiri dilakukan secara terbuka. Sehingga beberapa vendor mempresentasikan ide kepada Polri. "Bagaimana ide mereka untuk mempromosikan akun, mereka presentasi. [Ide dari vendor] yang sesuai dengan output program itu jadi pemenangnya," imbuh dia.

Dalam pengumuman lelang, harga hasil negosiasi PT RAM Communication mencapai Rp2.697.459.600. Perusahaan itu merupakan satu dari 11 tender yang bersaing mendapatkan kontrak. Sementara, sumber dana itu berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020.

Akun Twitter @_RKBR_ mengunggah pelelangan serupa di tahun 2019. Dalam unggahan itu, PT RAM Communication berhasil jadi pemenang tender dengan nilai kontrak Rp2,6 miliar.


Baca juga artikel terkait ANGGARAN POLRI atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Maya Saputri
DarkLight