Politisi PPP Ingin Pengganti Mensos Setara dengan Khofifah

Oleh: Alexander Haryanto - 14 Agustus 2017
Dibaca Normal 1 menit
Apabila Khofifah jadi mencalonkan diri dalam Pilgub Jatim 2018, maka penggantinya sebagai Menteri Sosial harus benar-benar setara dengannya.
tirto.id - Anggota DPR RI dari Fraksi PPP Achmad Fauzan Harun mengatakan seseorang yang menggantikan Khofifah Indar Parawansa sebagai Menteri Sosial harus benar-benar setara, apabila wanita asal Surabaya itu benar-benar maju dalam pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018.

"Menurut saya selaku anggota DPR menginginkan penggantinya harus yang setara, jangan sampai orang yang tidak mau turun ke lapangan disuruh pegang Kementerian Sosial," kata Achmad di Jakarta, Senin (14/8/2017).

Achmad Fauzan optimistis bahwa Khofifah akan menjadi Gubernur Jawa Timur. Keyakinan tersebut, menurut dia, karena melihat sudah santernya isu tentang akan majunya Khofifah dalam Pilgub Jatim 2018.

Achmad juga mengakui bahwa Khofifah memiliki kapasitas untuk menjadi gubernur. "Kita lihat kinerjanya bagus ya Insya Allah mumpunilah Ibu Khofifah ini. Dengan rakyat dekat, dengan pemerintah dekat. Jawa Timur akan lebih baik lagi menurut saya," tambah dia.

Achmad juga mengatakan bahwa PPP memberikan dukungannya untuk Khofifah. Hal itu ditambah pula dengan Khofifah yang pernah menjabat sebagai ketua komisi delapan DPR RI dari PPP.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar tidak menginginkan Khofifah mencalonkan diri sebagai gubernur Jawa Timur 2018 nanti.

Menurut Muhaimin, Khofifah sudah tidak memiliki kekuatan politik yang besar untuk menjadi pemenang di Pilgub Jawa Timur mendatang setelah kalah dalam dua Pilgub sebelumnya.

"Makanya saya ingatkan [Khofifah] jangan memaksakan diri, lebih baik bersatu, dari pada kota pecah dan kalah," kata Muhaimin di Hotel Acacia, Kramat Raya, Jakarta, Senin (7/8/2017).

Pasalnya, Muhaimin mengklaim, dalam dua kali Pilgub Jawa Timur sebelumnya kekuatan politik Khofifah berasal dari PKB yang mendukungnya secara penuh dalam menghadapi pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf.

"Sudah saatnya tidak usah pecah lagi, jadi satu aja," kata Muhaimin.

Muhaimin pun mengaku sudah pernah menawari Khofifah untuk mendampingi Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sebagai Cawagub dalam Pilkada Jawa Timur 2018. "Tapi, susah Khofifah," kata Muhaimin.

Kendati demikian, Muhaimin menganggap keputusan Khofifah untuk tetap maju bukan sebuah masalah, namun demikian dirinya yakin Saifullah sebagai petahana akan menang kembali dengan dukungan PKB.

"Kalau mau tetap maju ya itu hak individual (Khofifah), kami tidak bisa bicara," kata Muhaimin.

Baca juga artikel terkait PILGUB JATIM 2018 atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Alexander Haryanto
Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight