Polisi Turunkan Tim Cek Kebakaran Kilang RU V Pertamina Balikpapan

Oleh: Adi Briantika - 15 Agustus 2019
Polisi mengatakan tim dari Polda Kalimantan Timur dan polres setempat bersama Puslabfor dan INAFIS langsung berkoordinasi dengan pihak Pertamina untuk mengetahui faktor utama penyebab kebakaran.
tirto.id - Kebakaran terjadi di salah satu pipa di dalam area kilang RU V Balikpapan, Kalimantan Timur, milik Pertamina, Kamis (15/8/2019). Percikan api diduga muncul sekitar pukul 09.30 WITA.

Polisi berkoordinasi dengan Pertamina untuk mendalami penyebab kebakaran tersebut.

"Sudah, tadi pagi kami mendapatkan informasi. Tim dari Polda Kalimantan Timur dan polres setempat bersama Puslabfor dan INAFIS langsung berkoordinasi dengan pihak Pertamina, saat ini masih didalami dulu," ujar Karopenmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Kamis (15/8/2019).

Belum diketahui faktor utama penyebab kejadian itu, Dedi menyatakan nanti Tim Teknis Pertamina akan menyampaikan.

"Kemudian dari Labfor Polda Kalimantan Timur juga akan betul-betul meneliti, kami tidak boleh terburu-buru dan pembuktian secara ilmiah," sambung dia.

Ia belum mengetahui total kerugian dari peristiwa tersebut. Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman memastikan tidak ada korban jiwa akibat kebakaran tersebut.

"Tidak ada korban jiwa untuk hal ini dan sudah ditangani oleh teman-teman RU V Balikpapan," kata Fajriyah saat ditemui di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, seperti dilansir Antara.

Fajriyah membenarkan bahwa kebakaran telah terjadi, namun kebakaran tidak terjadi di area fasilitas utama. Kini api sudah berhasil dipadamkan setelah Pertamina RU V mengerahkan empat unit mobil pemadam kebakaran dan satu unit trailer foam. Penanganan setelah kebakaran masih terus dilakukan oleh tim internal Pertamina.

"Kebakarannya sudah padam dan sekarang masih dalam proses pendinginan," kata Fajriyah.

Hingga kini operasi Kilang Balikpapan berjalan secara normal, penyebab kebakaran masih menunggu hasil investigasi oleh tim internal Pertamina.

"Operasional di kilang juga masih berjalan. Estimasi kerugian dan sebagainya, kami masih melakukan investigasi penyebabnya apa," ujar dia.


Baca juga artikel terkait PERTAMINA atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight