Polisi Amankan Seperempat Karung E-KTP yang Dibuang di Pondok Kopi

Oleh: Andrian Pratama Taher - 8 Desember 2018
E-KTP telah disita kemudian akan diusut untuk mencari dari mana sumbernya.
tirto.id - Polsek Duren Sawit menindaklanjuti temuan E-KTP terbuang di Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta, Sabtu (8/12/2018).

Kapolsek Duren Sawit Kompol Parlindungan Sutasuhut mengatakan, E-KTP yang ditemukan di Daerah Bojong Rangkong, Pondok Kopi itu pun langsung diamankan aparat.

"Tindakan kepolisian bikin laporan penemuan, disita, lalu diusut. Nanti Reserse cari ini sumbernya," kata Parlindungan saat dikonfirmasi reporter Tirto Sabtu (8/12/2018).

Parlindungan mengatakan, E-KTP yang tercecer tersebut ditemukan warga di jalan dekat persawahan wilayah RW 11. Warga yang menemukan langsung melaporkan kepada aparat sekitar pukul 13.30 WIB.

Namun pihaknya belum menghitung jumlah E-KTP yang tercecer tersebut. "Belum [meghitung], yang pasti ada seperempat karung," katanya.

Parlindungan menambahkan, E-KTP tersebut tidak berbentuk blanko kosong, tetapi sudah ada identitas diri.

Untuk itu pihaknya pun berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat terkait temuan tersebut.

Namun demikian dengan adanya temuan ini, Parlindungan menduga E-KTP tersebut merupakan milik pencetak E-KTP yang tercecer.

"[Mungkin] antara pencetak, pemenang tender dengan Disdukcapil. Mungkin jatuh waktu mau diserahkan ke Disdukcapil," kata Parlindungan.


Baca juga artikel terkait E-KTP atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Irwan Syambudi
Dari Sejawat
Infografik Instagram