Polda Metro Sebut CFD Akan Tetap Berlangsung Meski Ada Reuni 212

Oleh: Adi Briantika - 29 November 2018
Kombes Pol Yusuf mengatakan, kegiatan CFD pada 2 Desember 2018 mendatang tetap akan berjalan, meski disaat yang bersamaan ada Reuni Akbar Mujahid 212.
tirto.id - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf mengatakan, kegiatan car free day (CFD) pada hari Minggu (2/12/2018) mendatang akan tetap berlangsung seperti biasa, meski disaat yang bersamaan ada Reuni Akbar Mujahid 212.

“Tak ada kegiatan (reuni) pun CFD tetap ada, seperti biasa,” kata dia di Polda Metro Jaya, Kamis (29/11/2018). Berkaitan dengan rekayasa lalu lintas, Yusuf menyatakan tidak ada perbedaan dengan adanya CFD.

Rekayasa lalu lintas, tambah dia, sudah diberlakukan sejak CFD berlangsung. “Tidak ada hal khusus untuk hari Minggu nanti,” ujar Yusuf.

Para peserta reuni yang berencana hadir pun dapat memarkirkan kendaraannya di area IRTI Monas, Jakarta Pusat.

Kepolisian juga telah menyiagakan polisi lalu lintas untuk mengantisipasi membludaknya parkiran dan memecah kepadatan arus lalu lintas. Yusuf mengatakan, jumlah personel yang diturunkan sama seperti sebelumnya, namun ia belum memberitahukan jumlah anggota polantas yang akan bertugas.

Persaudaraan Alumni 212 akan menggelar reuni tersebut di Monas. Aksi itu rencananya akan memperdengarkan rekaman pidato pentolan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Massa yang hadir diperkirakan mencapai empat juta orang

Selain itu, Forum Silaturahmi Aktivis 212 juga berencana membuat aksi untuk menandingi reuni tersebut di tempat dan waktu yang sama dengan perkiraan massa antara dua hingga empat juta orang.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun akan ikut menghadiri acara reuni tersebut.

"Tak ada tanggapan khusus. Seperti tahun lalu saya datang juga meskipun saya bukan alumni. Lah iya, tapi saya datang insyaallah," kata Anies di Balaikota DKI Jakarta, Senin (26/11/2018).

Ia mengatakan saat ini sudah banyak kegiatan yang diselenggarakan di Monas dan dia biasa hadir dalam kegiatan-kegiatan yang berlangsung di kawasan tersebut.


Baca juga artikel terkait REUNI 212 atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Yandri Daniel Damaledo