PKS dan PAN Temui Rizieq Shihab di Zam-Zam Tower Mekkah

Oleh: Dieqy Hasbi Widhana - 15 Juni 2017
Dibaca Normal 1 menit
Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menuturkan bahwa dalam pertemuannya dengan Rizieq Shihab sempat ada pembahasan terkait Indonesia.
tirto.id - Ketua Fraksi PKS di DPR Jazuli Juwaini mengakui sempat mengadakan pertemuan dengan Rizieq Shihab di Arab Saudi. Dia bertemu Rizieq saat akan melakukan amalan terakhir saat umrah.

"Kami sedang umrah Habib Rizieq juga sedang umrah, pas kami mau thawaf wada bertemu dengan Habib Rizieq," ungkap Jazuli saat dihubungi reporter Tirto, Kamis (15/6/2017).

Jazuli menemui Rizieq bersama Sekretaris Fraksi PKS sekaligus Anggota Komisi I DPR Sukamta, dan Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri, Wakil Ketua Umum PAN sekaligus Wakil Ketua Komisi I DPR Ahmad Hanafi Rais, serta mantan Ketua Umum PAN Amien rais.

Mereka kompak memakai baju dan peci putih. "Kebetulan hotel kami di satu area," tuturnya. Meski begitu, Jazuli enggan menyebutkan di hotel mana mereka menginap.

Jazuli menuturkan bahwa dalam pertemuan tersebut sempat ada pembahasan terkait Indonesia. "Bicara menjaga NKRI, menjaga kesatuan dan persatuan Bangsa, bicara Islam yang rahmatan lil alamin," ujarnya.

Sebagai informasi, Rizieq kini telah menyandang status sebagai tersangka yang tengah menjadi buronan. Pihak Polda Metro Jaya sedang mempertimbangkan penangkapan Rizieq melalui blue notice atau kerja sama dengan kepolisian Arab Saudi.

Dihubungi secara terpisah, Sukamta menjelaskan, dalam pertemuan itu tidak ada pembahasan mengenai status Rizieq sebagai tersangka.

Menurut Sukamta, tempat pertemuan tersebut di hotel depan sebuah masjid. Dia lupa nama persisnya, namun di sekitar Al Hajlah, Mekah, Arab Saudi. Salah satu hotel terdekat di situ ialah Hotel Elaf Kinda.

"Apa namanya ya? Saya enggak tahu tapi di Zam-Zam Tower," ungkapnya.

Sementara itu, Rizieq Shihab sebelumnya juga dikabarkan telah bertemu dengan Ketua Dewan Presidium 212 Amien Rais. Dalam foto yang beredar di awak media, Rizieq berfoto bersama dengan pentolan FPI itu. Bahkan, salah satu kader PAN sekaligus anak Amien Rais, Ahmad Hanafi Rais ikut bertemu dengan Rizieq.

Penasihat hukum Rizieq Shihab Sugito Atmo Pawiro membenarkan adanya pertemuan antara Amien Rais dengan Rizieq Shihab. Sugito menerangkan, pertemuan tersebut dilakukan saat Amien tengah kegiatan umroh.

"Itu silaturahmi ketemu pas waktu beliau lagi umroh," ujar Sugito saat dihubungi Tirto, Kamis (15/6/2017).

Sugito menuturkan, pertemuan antara Rizieq dengan Amien Rais membahas sejumlah isu nasional seperti permasalahan politik tanah air yang semakin kacau, masalah dugaan tindak kriminalisasi dan intimidasi kepada ulama. Mereka juga membahas masalah kriminalisasi tokoh politik nasional.

Sugito mengatakan, pertemuan terjadi saat Rizieq dan Amien di Mekah, Arab Saudi. Ia mengatakan, pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi I DPR RI Ahmad Hanafi Rais. Sayang, Sugito tidak merinci tanggal pertemuan. Namun, ia memastikan pertemuan tersebut bisa saja lebih dari satu kali.

"Itu kan Amien juga lagi umroh. Ketemu di hotel dan Pak Amien berkali-kali ketemu. Kalau misal di Mekah 4 hari ketemu, Pak Amien sempat beberapa kali mau berkunjung," kata Sugito.

Baca juga artikel terkait KASUS RIZIEQ SHIHAB atau tulisan menarik lainnya Dieqy Hasbi Widhana
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Dieqy Hasbi Widhana
Penulis: Dieqy Hasbi Widhana
Editor: Yuliana Ratnasari
DarkLight