Pilgub Jatim 2018: PAN Umumkan Dukungan Sebelum Ganti Tahun

Pilgub Jatim 2018: PAN Umumkan Dukungan Sebelum Ganti Tahun
Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais memberikan keterangan kepada media di Kantor KPU usai proses pendaftaran PAN sebagai peserta pemilu 2019, Jakarta, Jumat (13/10/2017). tirto.id/ANdrey Gromico
Reporter: M. Ahsan Ridhoi
08 Desember, 2017 dibaca normal 1 menit
Dua pasangan calon yang telah mendeklarasikan diri di Pilgub Jatim 2018 adalah Gus Ipul-Azwar Anas dan Khofifah-Emil.
tirto.id - Partai Amanat Nasional (PAN) mengaku telah merampungkan pembahasan nama calon gubernur yang akan diusung dalam Pilgub Jatim 2018.

Sekjen PAN Eddy Soeparno menyatakan partainya akan mengumumkan dukungan dalam waktu dekat. "Segera sebelum ganti tahun di Surabaya," kata Eddy kepada Tirto, Jumat (8/12/2017).

Namun, Eddy enggan menyebut spesifik nama sosok yang akan didukungan PAN sebagai Cagub-Cawagub Jatim 2018. "Di antara dua paslon yang ada," kata Eddy.

Dua pasangan calon yang telah mendeklarasikan diri di Pilgub Jatim 2018 saat ini adalah Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Abdullah Azwar Anas dan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak.

Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas diusung oleh PDIP dan PKB. Sementara Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak diusung Golkar dan Demokrat.

Eddy juga memastikan PAN tidak akan mengusung calon lain sebagai poros baru. Sebab, menurutnya, PAN terkendala sosok yang bersedia diusung sebagai penantang dua pasangan yang telah ada.

"Sedianya kami sudah punya calon yang kuat, namun di saat-saat terakhir yang bersangkutan memutuskan untuk urung maju di Pilgub Jatim," papar Eddy.

Sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyatakan telah bertemu dengan Saifullah Yusuf dan Khofifah Indar Parawansa.

"Jatim nanti malam mau ketemu sama Gus Ipul. Kemarin sudah ketemu Khofifah. Saya kira minggu ini mengerucut ke selesai," kata Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, di Kompleks DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (28/11/2017).

Sampai saat ini, PAN menjadi partai selain Gerindra, PPP dan Hanura yang belum mengumumkan dukungan di Pilgub Jatim 2018. Sementara, PKS yang sebelumnya juga hendak membuat poros baru bersama PAN dan Gerindra, telah mengumumkan dukungan ke Saifullah Yusuf.

Baca juga artikel terkait PILGUB JATIM 2018 atau tulisan menarik lainnya M. Ahsan Ridhoi
(tirto.id - san/ale)

Keyword