Piala AFF U16 dan U19 2020 Ditunda karena Pandemi Corona COVID-19

Oleh: Hendi Abdurahman - 26 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Federasi sepak bola ASEAN memutuskan untuk menunda gelaran Piala AFF U16 dan U19 karena pandemi Corona, sebelumnya turnamen tersebut dijadwalkan dihelat tahun ini di Indonesia.
tirto.id - Federasi sepak bola ASEAN, AFF secara resmi mengumumkan gelaran Piala AFF U16 dan U19 2020 ditunda karena pandemi Corona atau Covid-19. Sebelumnya, kedua turnamen tersebut dijadwalkan bakal dihelat di Indonesia.

Merebaknya Covid-19 di seluruh dunia membuat agenda pertandingan sepak bola, termasuk di Asia Tenggara ikut terkena imbasnya. Selain aktivitas timnas masing-masing negara, liga-liga domestik pun dihentikan untuk sementara.

“Kami telah membuat keputusan untuk menunda atau mungkin membatalkan kompetisi agar meminimalkan kontak sosial dengan tujuan untuk melindungi keselamatan dan kesehatan keluarga dan komunitas sepak bola kami,” ucap Presiden AFF, Mayor Jenderal Khiev Sameth.

“Ini adalah waktu yang belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh dunia, termasuk keluarga dan komunitas sepak bola kami, tetapi kami akan melewatinya bersama,” tambahnya.

Lebih lanjut, Khiev Sameth juga menuturkan bahwa sepak bola tentu bakal melibatkan kerumunan massa sehingga berisiko membawa virus Corona. Maka keputusan untuk menunda beberapa gelaran di tahun ini menjadi pilihan yang dianggap tepat.

Timnas U16 Indonesia yang dipersiapkan menjalani turnamen Piala AFF baru saja mengakhiri seleksi dan Training Camp (TC) di Bekasi pada Senin (16/3) lalu. Sementara itu, Timnas U19 Indonesia memilih untuk menunda Training Camp yang sebelumnya dijadwalkan dihelat bulan ini di Tangerang.

Jika menilik jadwal awal, Piala AFF U16 sejatinya dilangsungkan pada Juli 2020 mendatang. Adapun jadwal Piala AFF U19 digelar sebulan kemudian.

Tak hanya dua gelaran tersebut, AFF juga menunda AFF Club Championship serta turnamen Piala AFF Wanita dan Piala AFF Wanita U18.

“Seperti yang diketahui, dengan maraknya virus Corona pada situasi saat ini, serta instruksi dari Ketua Umum PSSI, Moch. Iriawan melalui Sekjen Ratu Tisha, timnas U19 pun menunda pemusatan latihan di Karawaci,” kata asisten pelatih Timnas U19 Nova Arianto.

Di Indonesia, hingga Rabu (25/3) kemarin, jumlah positif Covid-19 mencapai 790 kasus. Dari angka tersebut, 58 orang dinyatakan meninggal sedangkan 31 berhasil sembuh.


Baca juga artikel terkait PIALA AFF atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight