Petugas Damkar Jakarta Sabet Juara Kompetisi Dunia di Singapura

Reporter: Faesal Mubarok, tirto.id - 28 Nov 2023 22:06 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Petugas pemadam kebakaran dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta menyabet kejuaraan dunia di Singapura.
tirto.id - Petugas pemadam kebakaran (Damkar) dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, yang mewakili Indonesia berhasil menyabet prestasi dalam kompetisi Singapore-Global Firefighters and Paramedics Challenge (SGFPC) 2023. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Singapore Civil Defence Force (SCDF).

Ajang kompetisi tersebut digelar pada 24 hingga 25 November 2023 di Singapore Expo Hall 3. Perwakilan Indonesia yakni Fadila Bunyamin berhasil meraih Juara I pada kategori Breaveheart Team Challenge. Pada kategori yang sama, Budi Paryono dan Andi Putra Erlambang juga berhasil meraih Juara IV.

Selain itu, pada kategori tim, Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta juga berhasil mendapat penghargaan berupa Best Resource Application dan Best Safety Application yang diraih oleh Budi Paryono dan Andi Putra Erlambang, serta mendali penghargaan Best Planning Team diraih oleh Fadila Bunyamin.

Untuk diketahui, SGFPC merupakan ajang kompetisi internasional bagi para pemadam kebakaran, penyelamat, dan paramedis untuk menghadapi berbagai halang rintang. Tahun ini, SGFPC diikuti sebanyak 14 negara, yakni Singapura, Malaysia, Indonesia, Filipina, Vietnam, Thailand, Brunei Darussalam, Australia, Luxembourg, Makau, India, Myanmar, Inggris, dan Hongkong.

Kepala Sektor Pasar Minggu, Suhudi, selaku pembina sekaligus pelatih menuturkan, meskipun latihan intens yang dilakukan terbilang cukup singkat, namun ia bersyukur telah menyelesaikan tugas dengan baik.

“Berkat semangat dan kerja keras para atlet, akhirnya kita dapat melaksanakan tugas dengan baik dan dapat kembali ke Jakarta dalam kondisi sehat dan selamat,” ucap Suhudi dikutip dari laman resmi Pemadam Jakarta, Selasa (28/11/2023).

Suhudi berharap, ke depannya Pemadam Jakarta dapat terus berkontribusi untuk memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Dia juga berharap, persiapan yang dilakukan dapat lebih optimal apabila mengikuti ajang kompetisi yang sama.

Secara terpisah, Kepala Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, turut menyampaikan rasa bangga dan mengapresiasi seluruh petugas Pemadam Jakarta yang telah berjuang dan memberikan usaha terbaik pada ajang SGFPC 2023.

“Saya mewakili Pemadam Jakarta mengucapkan terima kasih kepada para atlet yang telah bertanding dan berjuang meraih prestasi untuk Jakarta dan Indonesia,” ujar Satriadi.

“Saya juga berpesan kepada seluruh jajaran Pemadam Jakarta agar capaian prestasi ini menjadi pemicu untuk meningkatkan kinerja Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta,” lanjut dia.



Baca juga artikel terkait DINAS DAMKAR DKI JAKARTA atau tulisan menarik lainnya Faesal Mubarok
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Faesal Mubarok
Penulis: Faesal Mubarok
Editor: Anggun P Situmorang

DarkLight