Pesta Halloween Maut di Itaewon

Mobil ambulans berkumpul di Itaewon, Distrik Seoul, Korea Selatan (Korsel), pada 30 Oktober 2022. (AP Photo/Lee Jin-man)
Tim penyelamat bekerja di lokasi insiden desak-desakan di Itaewon, Distrik Seoul, Korea Selatan (Korsel), pada 30 Oktober 2022. (AP Photo/Lee Jin-man)
Tim gabungan berusaha mencari korban di lokasi insiden desak-desakan di Itaewon, Distrik Seoul, Korea Selatan (Korsel), pada 30 Oktober 2022. (AP Photo/Lee Jin-man)
149 orang tewas dan lainnya luka-luka dalam insiden desak-desakan yang terjadi pada Minggu (30/10) pagi. (AP Photo/Lee Jin-man)
Komandan pemadam kebakaran Yongsan Choe Sung-beom, tengah, memberikan keterangan pada wartawan di dekat lokasi di mana orang meninggal dan terluka di Seoul, Korea Selatan, Minggu, 30 Oktober 2022. (AP Photo/Ahn Young-joon)
Aparat kepolisian berjaga di lokasi kejadian puluhan orang tewas dan terluka di Seoul, Korea Selatan, Minggu, 30 Oktober 2022. (AP Photo/Ahn Young-joon)
Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol, (tengah) memberi pengarahan di lokasi di mana puluhan orang tewas dan terluka saat merayakan perayaan Halloween di Seoul, Korea Selatan, Minggu, 30 Oktober 2022, (AP Photo/Lee Jin-man)
Seorang wanita berkostum Halloween tampak menangis di Seoul, Korea Selatan, Jumat, 28 Oktober 2022 (AP Photo/Lee Jin-man)
149 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka akibat terinjak-injak dalam kerumunan perayaan Halloween di Itaewon, Seoul, Korea Selatan Minggu dini hari 30 Oktober 2022. (AP Photo/Lee Jin-man)
Minggu, 30 Oktober 2022 10:33 WIB
Distrik Itaewon menggelar acara Halloween perdana tanpa masker setelah terhalang pandemi Covid-19 selama tiga tahun, Minggu dini hari 30 Okttober 2022.

Perayaan Halloween tersebut seketika berubah mencekam. 149 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka akibat terinjak-injak dalam kerumunan perayaan tersebut.


Kejadian ini bermula saat warga mulai memadati kawasan Itaewon dengan beraneka kostum horor untuk menyambut perayaan Halloween.

Untuk diketahui, Distrik Itaewon populer di kalangan anak muda Korea Selatan dan ekspatriat. Lusinan bar dan restorannya telah bersiap untuk perayaan Halloween setelah bisnis di daerah itu mengalami penurunan tajam selama tiga tahun pandemi.

Menjelang tengah malam, para pengunjung semakin padat hingga massa mulai menumpuk di salah satu jalan kecil dengan kontur menanjak.

Sejumlah orang yang sudah berada di bagian atas jalan ada yang terjatuh lalu menimpa pengunjung yang berada di bawahnya. Situasi itu memicu kepanikan hingga terjadilah saling injak dari pengunjung yang datang.


Kepala Departemen Pemadam Kebakaran Yongsan Choi Seong-bum mengatakan, para petugas masih menyisir jalan-jalan ramai di distrik klub malam yang populer tersebut. (AP Photo/Lee Jin-man)


DarkLight