Menuju konten utama

Pertanyaan Belajar dari Rumah di TVRI 29 April 2020 untuk SD-SMA

Pertanyaan Belajar dari Rumah untuk SD, SMP, dan SMA 29 April 2020 hari ini.

Pertanyaan Belajar dari Rumah di TVRI 29 April 2020 untuk SD-SMA
Logo Belajar dari Rumah. foto/kemendikbud

tirto.id - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyediakan alternatif kegiatan pembelajaran selama anak belajar di rumah karena terdampak masa pandemi virus corona COVID-19.

Tayangan Belajar dari Rumah (BDR) ini meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, SMA/SMK dan sederajat, dan program keluarga dan kebudayaan.

Pembelajaran dalam BDR ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi.

Selain untuk memperkuat kompetensi literasi dan numerasi, tujuan lain program BDR adalah untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dalam keluarga, khususnya antara orang tua/wali dengan anak, melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan karakter positif.

Jadwal Belajar dari Rumah TVRI 29 April 2020

08.00-08.30 WIB Jalan Sesama: Teman yang Baik (PAUD dan sederajat)

08.30-09.00 WIB Lagu dan Pakaian Adat: Aceh, Kalimantan, dan NTT (kelas 1-3 SD dan sederajat)

09.00-09.30 WIB X-Sains: Sumber-sumber Energi dan Energi Alternatif (kelas 4-6 SD dan sederajat)

09.30-10.00 WIB Vulkanologi (SMP dan sederajat)

10.03-10.30 WIB Bisnis Produktif Mainan Edukatif (SMA/SMK dan sederajat)

10.30-11.00 WIB Keluarga Indonesia: Waktu Berkualitas dengan Keluarga (parenting)

21.30-23.30 WIB Film Nasional: Jagad X-Code

Pertanyaan Belajar dari Rumah TVRI 29 April untuk SD hingga SMA

Pertanyan Belajar dari Rumah untuk SD KELAS 1-3

Lagu dan Pakaian Adat: Aceh, Kalimantan, dan NTT

Kompetensi Literasi: (1) Menuliskan beberapa kalimat dan menyuntingnya; (2) memahami kata-kata baru yang dibicarakan dengan bantuan gambar Indonesia memiliki lebih dari 1.000 suku bangsa, yang masing-masing memiliki bahasa dan kebudayaannya sendiri.

Yuk, kita kenali lagu daerah dan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia, yaitu Aceh, Kalimantan Selatan, dan Nusa Tenggara Timur.

1. Tuliskan 3 kata dari daerah Aceh dalam lagu Bungong Jeumpa. Tuliskan juga artinya dalam bahasa Indonesia.

2. Tuliskan cerita singkat tentang kekhasan daerah asalmu. Minimal terdiri dari 8 kalimat.

3. Tuliskan 3 hal yang khas dari daerah Kalimantan Selatan yang sudah kamu lihat di tayangan tadi!

Pertanyan Belajar dari Rumah untuk SD KELAS 4-6

X-Sains: Sumber-Sumber Energi dan Energi Alternatif

Kompetensi Literasi: Memahami paparan lisan tentang topik yang dikenali, mengidentiļ¬kasi ide pokok dan beberapa ide rinci dalam paparan tersebut, menjelaskannya kembali dan menanggapinya menggunakan pengetahuannya.

1. Mengapa pemanfaatan sumber energi tidak boleh berlebihan?

2. Pak Dodi mengendarai mobil pada malam hari. Sebutkan perubahan energi yang terjadi pada mobil tersebut!

3. Jelaskan pemanfaatan energi alternatif biogas dalam kehidupan sehari-hari!

Pertanyan Belajar dari Rumah untuk SMP

Vulkanologi

Kompetensi Literasi: Menuliskan pengamatan dan pengalamannya secara koheren dan padu menggunakan rujukan secara etis dan metodologi sederhana.

1. Pulau manakah di Indonesia yang tidak memiliki gunung api?

2. Apakah yang menyebabkan erupsi gunung api?

3. Mengapa kita tidak diperkenankan mendekat ketika awan panas menyembur dari erupsi gunung api?

Pertanyan Belajar dari Rumah untuk SMA/SMK

Bisnis Produktif Mainan Edukatif

Kompetensi Literasi: (1) Mengenali akurasi informasi, menjelaskan kembali, menganalisis, dan menyampaikan pendapat dalam diskusi; (2) Merepresentasikan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengetahuan yang diperolehnya dari bacaan lain dalam bentuk tulisan.

1. Teman-teman, ternyata mainan edukatif sangat menyenangkan dan bermanfaat untuk belajar. Peluang bisnisnya pun masih sangat luas. Jika teman-teman berminat untuk berbisnis mainan edukatif, catat dahulu pertanyaan ini. Lakukan diskusi dengan orang tua atau saudara. Manfaat apa yang bisa didapatkan anak dari mainan edukatif?

2. Pada tayangan ini dijelaskan proses pembuatan mainan edukatif yang aman dan dekat dengan anak. Jawab pertanyaan berikut dengan kalimat yang mudah dipahami. Ada rambu-rambu yang harus dipertimbangkan saat akan memproduksi mainan edukatif. Berdasarkan karakter anak balita, menurutmu, mainan seperti apa yang dapat melatih kreativitas anak? Gunakan berbagai sumber untuk mendapatkan inspirasi.

3. Jika kamu membuat mainan edukatif sendiri, metode pemasaran seperti apa yang paling sesuai untuk mainan edukatif buatanmu? Apa pertimbangannya?

Baca juga artikel terkait BELAJAR DARI RUMAH atau tulisan lainnya dari Dipna Videlia Putsanra

tirto.id - Pendidikan
Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH