Persija Menang Tipis atas Bogor FC di 64 Besar Piala Indonesia

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 12 Desember 2018
Persija Jakarta berhasil meraih satu tiket ke 32 besar Piala Indonesia 2018 setelah menang tipis atas Bogor FC di babak 64 besar.
tirto.id - Persija Jakarta berhasil mengalahkan Bogor FC dalam pertandingan 32 besar Piala Indonesia 2018 yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (12/12/2018). Macan Kemayoran menuntaskan pertandingan dengan skor tipis 1-0, di mana gol tunggal mereka dicetak penyerang Osas Saha.

Pada partai ini, pelatih Stefano Cugurra Teco memainkan sebagian skuat lapis kedua. Langkah ini diambil sebagai sarana untuk menjaga kebugaran skuat, yang juga baru saja melakoni laga terakhir Liga 1, Minggu (9/12/2018).

Formasi 4-3-3 diterapkan Teco sejak menit pertama, di mana Bambang Pamungkas jadi ujung tombak, diapit Osas Saha dan Rudi Widodo. Stepanus Alua dan Nugroho mendapat kesempatan bermain di lini tengah. Pun dengan Daryono, Vava Yagalo, hingga Gunawan Dwi Cahyo yang jadi tumpuan lini belakang.

Dominasi dipegang Persija sejak awal laga. Pemain-pemain belakang bahkan turut melakukan overlap saat set-piece terjadi. Peluang matang misalnya terjadi lewat tendangan Nugroho di menit awal, sundulan Gunawan pada menit 10, atau Vava Yagalo tiga menit berselang.

Sayang, sampai 20 menit berlalu, tak satu pun dari upaya-upaya tersebut menemui sasaran.


Persija akhirnya unggul pada menit 25. Memaksimalkan umpan silang kiriman Fitra Ridwan, Osas Saha memperdaya kiper lawan dengan sebuah sepakan akurat yang membuat skor jadi 1-0. Kedudukan in bertahan sampai babak pertama usai.

Di paruh kedua, Macan Kemayoran sebenarnya punya kans untuk menjauh. Tepatnya saat wasit memberikan hadiah penalti pada menit 69, usai pelanggaran lawan di dalam kotak terlarang.

Namun, Bambang Pamungkas yang mengeksekusi tendangan penalti itu pada menit 72 gagal memanfaatkan momentum. Sepakan Bepe yang kelewat lemah dapat dihadang kiper lawan, sehingga angka pada papan skor batal berubah.

Persija tetap menang lantaran di kubu lawan, Bogor FC pun gagal menyamakan kedudukan. Skor akhir 1-0 untuk kemenangan Persija.


Baca juga artikel terkait PIALA INDONESIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan