Liga 1 2020

Persib Resmi Rekrut Teja Paku Alam di Bursa Transfer Liga 1 2020

Oleh: Fitra Firdaus - 16 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Di bursa transfer Liga 1 2020, Persib resmi merekrut Teja Paku Alam, mantan kiper Semen Padang.
tirto.id - Persib Bandung secara resmi mengumumkan perekrutan kiper Teja Paku Alam di bursa transfer Liga 1 2020 pada Kamis (16/1). Maung Bandung mengikat penjaga gawang berusia 25 tahun tersebut dengan kontrak dua musim. Teja akan menggunakan nomor punggung 34 di Persib.

Perekrutan Teja Paku Alam yang musim lalu berseragam Semen Padang jadi catatan tersendiri untuk Persib. Pasalnya, Maung Bandung sebelumnya sudah memiliki empat penjaga gawang.

Selain kiper utama I Made Wirawan (39 tahun), masih ada Aqil Savik (20 tahun), dan Dhika Bayangkara (27 tahun). Tidak dapat dikesampingkan adalah Muhammad Natshir (26 tahun) yang masih berkutat dengan cedera.

Di sisi lain, kapasitas Teja Paku Alam tidak dapat diragukan lagi. Jebolan Deportivo Indonesia ini sempat tampil untuk Sriwijaya FC. Musim lalu, berseragam Semen Padang, Teja yang kelahiran Painan, Sumatera Barat pada 14 Maret 1994 ini tampil dalam 25 pertandingan.

Selain itu, Teja Paku Alam juga sudah pernah dipanggil ke Timnas Indonesia sejak Piala AFF 2016 di Myanmar. Kapasitasnya tidak diragukan lagi. Oleh karenanya, Persib mengontraknya hingga akhir kompetisi 2021.

"Alhamdulillah, saya pastinya senang memiliki tantangan baru di sini. Dalam karier, ini adalah tim pertama saya di luar Sumatera. Doa orang tua, istri dan keluarga buat saya mantap untuk merantau," terang sang kiper dikutip situs web resmi Persib pada Kamis (16/1).

Selama ini, Teja Paku Alam identik dengan nomor punggung 12. Namun, di Persib dia tidak akan menggunakan nomor yang sama. Pilihannya adalah nomor 34. Alasannya, jika kedua angka dalam nomor tersebut dikalikan, hasilnya tetap 12.

"Nomor 12 yang biasa saya pakai 'kan sudah ada yang pakai (Henhen Herdiana). 34 itu, 3x4 sama dengan 12. Tapi, nomor punggung tidak masalah. Yang penting saya harus kerja keras untuk PERSIB," papar Teja.



Menjelang Liga 1 2020, Persib sudah menambah dua amunisi selain Teja Paku Alam. Mereka adalah Beni Oktovianto yang musim lalu membela Persiba Bakikpapan, dan Victor Iqbonefo yang sempat berlaga di Thai League untuk PTT Rayong. Di samping itu, Maung Bandung juga masih memantau dua pemain asing: Wander Luiz dan Joel Vinicius.

Terdekat, Persib bakal terlibat turnamen pramusim Asia Challenge 2020 yang digelar di Stadion Shah Alam, Malaysia pada 18 hingga 21 Januari. Maung Bandung yang datang dengan status tamu, akan berjumpa Selangor FA (Malaysia) sang tuan rumah. Selain itu, ada dua tim lain, Hanoi FC (Vietnam) dan Bangkok United (Thailand), dalam turnamen yang berkonsep seperti Emirates Cup ini.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2020 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight