Perolehan Medali Indonesia Sea Games 2017: Wapres JK Kecewa

Oleh: Addi M Idhom - 29 Agustus 2017
Wapres Jusuf Kalla kecewa dengan prestasi Tim Indonesia di Sea Games 2017 Malaysia. Dia meminta semua atlet segera meningkatkan latihan untuk memperbaiki prestasi di Asian Games 2018.
tirto.id - Perolehan medali Tim Indonesia dalam Sea Games 2017 Malaysia, yang tidak memenuhi target, membuat Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) kecewa.

"Terus terang, kami kecewa karena tidak mencapai target yang dicanangkan semula,” kata JK di Jakarta pada Selasa (29/8/2017) seperti dikutip Antara.

JK kemudian melanjutkan, “Jadi kalau Asian Games, (para atlet Indonesia) masih ada waktu satu tahun untuk meningkatkan latihan."

Menurut JK, prestasi tim Indonesia di Sea Games 2017 Malaysia harus dievaluasi dan segera diperbaiki. Dia berharap semua atlet segera meningkatkan porsi latihannya agar meraih prestasi lebih baik di Asian Games 2018.

Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 pada 18 Agustus-2 September tahun depan. Sebanyak 41 cabang olahraga Asian Games 2018 akan digelar di Jakarta, Palembang, Lampung, Jawa Barat, dan Banten.

Keluhan JK soal prestasi Tim Indonesia beralasan sebab hingga hari ini perolehan medali tim Indonesia di SEA Games 2017 Malaysia hanya bertengger di posisi kelima. Perolehan medali tim Indonesia tertinggal dari empat negara Asia Tenggara lainnya, yakni Malaysia, Thailand, Vietnam dan Singapura.

Tim Indonesia hanya meraih 37 medali emas, 62 perak dan 82 perunggu. Perolehan medali ini kalah jauh dari pencapaian tim tuan rumah Malaysia, yakni 133 emas, 86 perak, dan 82 perunggu. Indonesia hanya unggul dalam perolehan medali dari negara-negara Asean yang tak memiliki tradisi prestasi olahraga menonjol, seperti Filipina, Myanmar, Laos, Kambodja, Brunei dan Timor Leste.

Apalagi, di cabang olahraga paling populer, seperti Sepak Bola dan Bulu Tangkis, prestasi tim Indonesia tak sesuai harapan.

Beruntung, di Sepak Bola, Timnas Indonesia masih bisa memperoleh medali perunggu setelah mengalahkan Myanmar dengan skor akhir 3-1.

Sedangkan di cabang olahraga Bulu Tangkis, tim Indonesia gagal memenuhi target mendulang tiga mendali emas. Dari cabang olahraga ini, Tim Indonesia cuma memperoleh empat perunggu dan dua emas. Medali emas terakhir disumbangkan oleh tunggal putra Indonesia Jonatan Christie pada hari ini.

Baca juga artikel terkait SEA GAMES 2017 atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Olahraga)

Sumber: antara
Penulis: Addi M Idhom
Editor: Addi M Idhom