Menuju konten utama

Perjalanan 20 Tahun MSI di Industri Laptop Gaming

MSI merayakan ultah ke-20. Pameran akan digelar di Main Atrium, Mall of Indonesia (MOI), Kelapa Gading, 26-28 Juli 2024.

Perjalanan 20 Tahun MSI di Industri Laptop Gaming
Perjalanan 20 Tahun MSI dalam Membangun Kerajaan Laptop. foto/MSI

tirto.id - Produsen laptop-laptop gaming premium, MSI, pada tahun 2024 ini merayakan 20 tahun perjalanannya di industri laptop. Selam dua dekade ini, MSI tetap teguh memegang komitmennya yakni mengutamakan pelanggan.

Executive Vice President and General Manager dari Unit Bisnis Laptop MSI, menyatakan bahwa perjalanan MSI penuh tantangan dan kegembiraan sebelum sepopuler sekarang ini.

“Kami sedang membentuk masa depan teknologi, dan dengan komitmen kami terhadap keunggulan telah mendorong kami untuk membawa inovasi ke industri laptop, hingga mendobrak batasan dan merangkul kemajuan terbaru dalam teknologi. Kami akan terus berinovasi di sektor gaming, berekspansi ke kampus-kampus dan mengembangkan lini produk bisnis dan kreator kami untuk memenuhi kebutuhan konsumen selama 20 tahun ke depan,” ujar dia dalam siaran pers.

Sejarah dan Perjalanan MSI Menjadi Laptop Gaming Populer

Perjalanan MSI dimulai pada 1986 saat mereka memproduksi motherboard dan kartu grafis. Kualitas produk dari MSI ini mendapat pengakuan di industri laptop.

Dengan potensi besar yang datang dari industri komputer hingga mendorong mereka untuk berekspansi ke industri notebook.

Maka pada tahun 2004, MSI meluncurkan laptop pertama mereka, M510C. Laptop ini menandai awal perjalanan mereka dalam

pengembangan laptop.

Namun, perjalanan bisnis MSI tidak selalu mulus. Pada tahun 2009, MSI memprediksi bahwa laptop portabel dan ringan akan mendominasi pasar. Hal inilah yang menuntun keberhasilan mereka dalam mengembangkan laptop X340, laptop tertipis di pasaran saat itu.

Tapi belakangan dengan pesatnya kehadiran smartphone dan tablet secara dramatis mengubah kebiasaan konsumen, yang menghadirkan tantangan berat bagi MSI. Tetapi dengan pertahanan dan tekad kuat, MSI melakukan perubahan strategi yang

menentukan masa depan perusahaan.

Situasi sulit tersebut justru mendorong MSI untuk memikirkan kembali kebutuhan konsumen. Insipirasi ini datang dari penggemar Game World of Warcraft yang sangat populer saat itu. Saat mengunjungi LAN party di luar negeri, mereka melihat

para gamer membawa PC berat ke acara tersebut. Kebutuhan para gamer ini adalah komputer yang memiliki performa tinggi dengan bentuk lebih ringkas.

Menyadari potensi dari pasar game, MSI memutuskan untuk beralih dari yang sebelumnya hanya fokus pada persaingan harga

menjadi fokus pada pengembangan laptop gaming bernilai tinggi untuk pengguna. Dengan memprioritaskan kebutuhan para gamer, MSI mulai menciptakan produk yang dapat memenuhi kebutuhan para gamer. Strategi ini berhasil membentuk kerajaan laptop MSI. Pada tahun 2015, laptop gaming mereka telah mencapai pangsa pasar tertinggi di seluruh dunia.

Gaming Adalah Masa Depan

Vice President of Global Business and Marketing untuk Unit Bisnis Notebook MSI Derek Chen, menilai bahwa “gaming adalah masa depan.” Untuk mencapai tujuan ini, MSI mengadakan banyak kuliah dan sesi pelatihan untuk mendorong semua orang agar memahami atmosfer gaming dan tren di media sosial. Hal ini tentu sangat kontras terhadap penelitian dan pengembangan

komputer yang dilakukan secara tradisional.

Bahkan, para karyawan MSI didorong untuk melakukan siaran langsung dan berinteraksi dengan para pemain lainnya secara online. Proses pembelajaran ini sangat membantu para karyawan untuk lebih memahami ranah pekerjaan mereka, yang pada akhirnya berdampak positif pada klien dan konsumen. Upaya ini pada akhirnya menanamkan merek MSI dengan kuat di benak semua orang.

Pada saat merancang dan menciptakan sebuah produk, Derek menegaskan bahwa penelitian mendalam terhadap kebutuhan konsumen dan kelayakan pasar sangat penting untuk dilakukan sebelum meluncurkan produk. Tahap penelitian ini membutuhkan waktu. Namun saat arah tujuan sudah jelas, MSI dengan berani langsung menangani seluruh proses produksi mulai dari konsep produk, desain software dan hardware, hingga produksi di pabrik mereka sendiri.

Melalui pendekatan terintegrasi ini membuat MSI dapat beradaptasi dengan cepat terhadap permintaan pasar. Mereka selalu mengedepankan perspektif konsumen. Teranyar, untuk memenuhi kebutuhan gamer akan perangkat yang ringkas dan portabel, MSI baru saja meluncurkan PC handheld gaming terbaru mereka, yaitu MSI Claw.

Derek percaya bahwa teknologi modern memungkinkan komponen berperforma tinggi untuk dipadatkan ke dalam bodi yang ramping dan nyaman digenggam. Hal tersebut membuat MSI dapat memanfaatkan pencapaian mereka di masa lalu dan kembali menarik perhatian para gamer.

Rayakan Ultah MSI Gelar Pameran Global dan Promosi Eksklusif

Untuk merayakan ulang tahunnya, MSI bakal menggelar pameran global "MSIology: MSI Laptops 20th Anniversary Exhibition" yang akan digelar di berbagai belahan dunia. Pameran bakal dilaksanakan dengan tur global di sepanjang tahun 2024, hadir di berbagai negara seperti Korea, Polandia, India, Italia, Vietnam, Jepang, Spanyol, Prancis, Amerika Serikat dan negara besar

lainnya.

Di Indonesia sendiri, perayaan ini akan digelar pada 26-28 Juli 2024 mendatang berlokasi di Main Atrium, Mall of Indonesia (MOI), Kelapa Gading. Dalam pameran ini, MSI akan menghadirkan produk-produk terbaru dan teknologi inovatifnya. MSI juga mengundang masyarakat untuk menyelesaikan tantangan berhadiah di booth dan masuk ke perjalanan kesuksesan MSI.

Untuk lebih memeriahkan Ulang Tahun ke-20 nya, MSI meluncurkan promosi penjualan eksklusif. MSI menawarkan potongan harga khusus dan bundel menarik untuk produk MSI favorit. Untuk memanfaatkan penawaran fantastis ini! Lihat penawaran spesialnya di https://id.msi.com/Promotion/laptops-20th-anniversary

Baca juga artikel terkait MSI

tirto.id - Byte
Sumber: Siaran Pers
Penulis: Tim Media Service